Breaking News

BNNP NTT Deteksi 7 Titik Kerawanan Narkoba di NTT


KUPANG (NTT) FIGURNEWS--Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTT terus melakukan upaya pemberantasan peredaran narkoba di NTT.

Berdasarkan hasil pemetaan kawasan rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba 2019, BNNP menggunakan 8 indikator pokok dan 5 indikator pendukung. Dari indikator itu, ditemukan 7 titik kawasan rawan narkoba di NTT dengan tingkat kerawanan waspada.

Kepala  Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP NTT Lia Novika Ulyadi dampingi  Kepala Bidang P2M Hendrik Rohi, SH. MH dan Kepala Seksi Pencegahan  Markus Raja Djira, SH.M.Hum dalam keterangan Pers di Kupang, Jumat (4/10/2019) menjelaskan, terhadap 7 titik kerawanan ini maka pihaknya melakukan pengawasan khusus. Dirinya menyebut kawasan yang diwaspadai itu yakni Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo di Manggarai Barat, Kelurahan Kamalaputi, Kota Waingapu, Sumba Timur, Desa Wailiti, Kecamatan Alok Barat Maumere, Sikka,  Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat dan Kelurahan Alak, Kota Kupang.

"Kita perhatikan khusus terhadap kawasan ini.  Intervensi program pemberdayaan masyarakat anti narkoba tahun 2019 khusus di 7 titik ini.  Kita lakukan pemberdayaan penggiat anti narkoba dan pemberdayaan alternatif lain agar bisa menekan kondisi kerawanan waspada menjadi aman dan bebas dari narkoba," katanya.

Markus  Raja Djira, SH. M.Hum Kasi Pencegahan menyadari bahwa di BNN terdapat keterbatasan sumber daya yang dimiliki sehingga diperlukan pemberdayaan  komponen masyarakat, agar ikut berperan dalam Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN) melalui pembentukan penggiat anti narkoba di lingkup pemerintah, swasta, pendidikan dan masyarakat.

"Para penggiat bisa melakukan sosialisasi kepada warga melalui peran serta secara aktif dalam upaya memberantas peredaran narkoba di lingkungan sekitar," harap Markus.

Dirinya mengakui dalam upaya melakukan kegiatan pemberantasan narkoba, banyak kendala yang juga dihadapi. Persoalan itu yakni letak geografis NTT yang merupakan daerah kepulauan sehingga sulit dijangkau semuanya. Selain itu, belum semua kabupaten di NTT memiliki BNNK yang merupakan perpanjangtangan BNNP dalam kegiatan P4GN serta terbatasnya anggaran dalam upaya mendukung program P4GN.(Amperawati).

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre