Breaking News

Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Hadiri sosialisasi pembuatan pupuk organik


Kab. Padang Pariaman(Sumbar) FN-Babinsa Koramil 05/lubuk Alung Serda Hartono Malai bersama Kelompok Tani Tapian puti menghadiri sosialisasi pembinaan pengelolaan unit pengolahan pupuk organik (UPPO) praktek bersama pembuatan pupukorganik di rumah ibu Nurhayati di Korong Sikabu bukit, Nagari Sikabu, Kecamatan lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. ( 03/10/2019). 

Kebutuhan akan pupuk terhadap lahan sawah petani memang tidak seluruhnya harus dipenuhi dengan pupuk kimia yang diproduksi oleh pabrikan. Akan tetapi, untuk menghemat serta memperbaiki unsur hara pada tanah pupuk organik merupakan alternatif yang terbaik.

"Bahan dasar pembuatan pupuk organik tersebut pun relatif mudah didapat dan sederhana, yaitu dengan memanfaatkan limbah buah-buahan seperti buah Pisang, pepaya, nanas, gula, dan lainnya,"ujar Ketua Kelompok Tani ibu Nurhayati.

Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik, hal ini tentunya menghemat pengeluaran untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik.

Sementara itu Serda Hartono mengatakan, pihaknya (TNI) sangat mendukung terhadap penggunaan pupuk organik, di samping bahannya mudah didapat, pembuatannya juga relatif gampang.
"Saat ini memang sangat dianjurkan mengedepankan perawatan tanaman dengan menggunakan pupuk organik," katanya.

"Memang dari dinas pertanian menganjurkan agar perawatan unsur hara tanah juga mendapatkan perhatian dalam bertani, sehingga pupuk organiklah yang paling tepat untuk meningkatkan kwalitas tanah serta hasil panennya lebih aman untuk di konsumsi," tambah  Komandan Koramil 05/lubuk Alung Kapten Arm Azral Koto ditempat terpisah.

Sosialisasi pembuatan pupuk organik tersebut turut dihadiri oleh seluruh Wali Korong senagari Sikabu, koordinator PPL , Babinsa dan Bapak Ramli  kelompok tani tapian Puti beserta anggotanya.(Fella) 

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre