Breaking News

Penetapan, Alat Palu Desa Saliguma Ini Punya Peranan Penting

Foto : Alat Palu BPD Saliguma, kecamatan Siberut tengah. Selasa, (17/09/2019).

Mentawai.figurnews.com- Meski jauh dari Pusat Ibukota Kabupaten kepulauan Mentawai, Desa Saliguma, kecamatan Siberut tengah ini memiliki cara Global untuk menetapkan sebuah persidangan dalam berbagai program pembangunan desa. 

Menurut Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Saliguma, Paskalis bahwa alat palu tersebut dapat digunakan untuk membuka, Menskor dan menutup Sidang. 

"Biasanya apabila Peserta Sidang tidak lengkap kami bisa Skor sidang beberapa waktu kedepan dengan cara Tokok Palu Sidang di tunda," ungkapnya kepada Wartawan. Selasa, (17/09/2019). 

Ia menambahkan, dengan adanya alat palu ini kita dapat memutuskan tentang aturan sidang secara umum. Dan tentu ini menjadi dasar bagi Prosedur di semua daerah. Meski desa Saliguma jauh, namun pihaknya tetap menjalankan amanah itu. 

Perananan BPD sebagai pemantau pegelolaan desa sangatlah penting. Apalagi menyangkut dengan hajat orang banyak, tentu perlu dikelola dengan seksama dalam permusyawarahan Desa, lanjutnya. 

"Palu sidang merupakan palu yang digunakan untuk menetapkan suatu keputusan atau nyawa dari persidangan karena walaupun keputusan telah di sepakati, tidak akan sah apabila tidak ada alat palu sebagai penetapan, " terang Paskalis.

Disini, ia katakan, peranan BPD sangat penting dalam melahirkan Produk hukum desa untuk mendukung pelaksanaan kinerja dalam mewujudkan pembangunan. 

Selain itu, Ia menerangkan, Susunan Meja ruangan BPD dalam pertemuan dengan Perangkat Desa perlu di perhatikan. "Kami sengaja menyusun meja berbentuk lingkaran agar semua Aspirasi untuk pembangunan Desa dapat kita musyawarahkan bersama," paparnya.

Ada sebanyak 11 dusun dan 7 BPD per 3 Dapil terdapat di desa Saliguma yakni dusun Silabok Abag, Simalibagbag, Sikebukkad, Mangujuk, Matoinang, Sitamonga, Sarabua, Limu, Guluk-guluk, Gotap dan Limu. Dan di perkirakan Jumlah Penduduk di Desa Saliguma mencapai 2000 jiwa. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre