Breaking News

Pasaman Barat Dilanda Asap Kiriman Dari Prov. Riau

 
Simpang Empat, Pasaman Barat (Sumbar), FN - Kabut Asap yang sudah melanda Riau Semenjak sebulan yang lalu, hari itu berada dalam kondisi yang memprihatinkan dan menakutkan.

Sudah ribuan masyarakat Riau mengindap penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) selama kabut asap berhasil menguasai suhu udara yang akhirnya berada dalam kondisi yang membahayakan untuk pernapasan manusia.

Kabut asap tersebut mulai terasa di Kabupaten Pasaman Barat Sumbar. Namun aktivitas masyarakat masih tetap berjalan normal seperti biasa di daerah ini.

Sampai Sabtu Siang Kabut asap masih menyelimuti daerah Tuah Basamo ini.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat Propinsi  Sumatera Barat, l.  Adrinaldi menyampaikan,"sudah bekerja-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  Agam melakukan pengujian udara hari ini Sabtu (14/9) di halaman kantor bupati Pasaman Barat untuk mengetahui kualitas udara terkait tebalnya kabut asap beberapa hari ini, pengujian dilaksanakan  selama 3 jam dan hasilnya akan diketahui paling cepat 3 hari kedepan setelah melalui proses labor".

Kepala Pelaksana BPBD Pasbar, Tri Waluyo mengatakan," kabut asap yang terjadi berasal dari Riau dan Jambi."

"Akibat itu kondisi udara menjadi tidak sehat dan ini hampir terjadi di seluruh kabupaten kota di Sumbar," katanya

Kondisi kabut asap diperkirakan akan berlangsung beberapa hari kedepan di Pasaman Barat. Untuk itu dia mengimbau, agar warga yang melakukan aktivitas diluar rumah, hendaknya memakai masker ketika bepergian.

Sedangkan berdasarkan pantau BMKG kata dia, di Sumbar tidak ada lagi titik Hotspot (titik api) untuk hari ini. Kabarnya ada terjadi di beberapa kabupaten kota yang ada di Sumbar, salah satunya di Rao Kabupaten Pasaman titik hotspot sempat terdeteksi, namun titik api itu sudah padam.

Hingga kini  kawasan hutan Pasaman Barat tidak ada terdeteksi Hotspot, kabut asap ini murni kiriman dari daerah Riau.

Sementara menurut Kepala Dinas Kese-hatan Pasbar Haryunindra menjelaskan, "akibat kabut asap kiriman ini, kondisi udara di Pasbar sudah tidak sehat lagi."

"Warga sebaik menggunakan masker, sebab kabut asap ini tidak sehat untuk tubuh, semoga kabut asap ini cepat berlalu," jelasnya.

Jika dilihat melalui aplikasi air visual, kondisi udara Pasaman Barat menunjukkan diangka 151 AQI US, dengan keterangan tidak sehat. Sehingga jarak pandang sudah mulai berkurang dari hari sebelumnya.

Ramayulis Warga Plasma "Saya sudah men-duga kabut asap ini akan sampai ke Pasbar, mata pun mulai terasa perih,  anak anak batuk".

Rida Warsa kepala Markas PMI Pasaman Barat me informasikan kan Alhamdulillah dukungan logistik Masker dari PMI Provinsi Sumatera Barat Sudah sampai di markas.
Bagi yang butuh bisa jemput ke markas PMI kab. Pasaman Barat di Pasaman Baru depan Kator Bupati Pasaman Barat hubungi   0852-7451-1036.
*Dodi Ifanda

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre