Breaking News

Musim Kemarau, puluhan Hektar Sawah Desa Suka Raja Gagal Panen, Petani Merugi hingga jutaan Rupiah

TUNGKAL ILIR BANYUASIN (Sumsel) FN -puluhan hektar tanaman padi milik warga Desa Suka Raja, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Banyuasin  kering akibat dilanda musim kemarau sejak beberapa bulan terakhir ini. Dipastikan seluruh tanaman padi para petani gagal panen.

Kondisi tanaman padi di Desa kami sudah kering, karena musim kemarau, dan tidak ada sumber air yang dapat dialiri,” kata  kepala  Desa  Suka Raja Sahid S.IP, kepada Figurnews.com, kamis (19/9/2019).

Menurut Kades Sahid S.IP, selama musim kemarau, lahan sawah puluhan hektar yang dimiliki warga ini tidak dapat dialiri air dari sungai karena kondisi sungai pasang surut.

Kondisi kemarau kali ini merupakan yang terparah dari yang pernah terjadi sebelumnya”, katanya.

Akibat tanaman padi yang telah berusia 3 bulan masa tanam mengering dan pusong karena dilanda musim kemarau yang paling parah terjadi kali ini, seluruh tanaman padi warga puluhan  hektar ini akhirnya gagal Panen.

Para petani mengaku mengalami kerugian masing-masing mulai dari Rp 2 hingga Rp 5 juta.

Kondisi padi sekarang kering dan tidak dapat lagi di panen. Harapan kami ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin  Besar untuk biaya bibit, pupuk dan biaya bajak pada musim tanam mendatang karena untuk biaya tanam padi pada musim depan sudah tidak memiliki modal akibat gagal panen,” sebutnya.

Sementara itu Rahman  (49) petani sawah warga Suka Raja yang mengalami gagal panen menyebutkan, " Jadi kalau musim kemarau dengan kondisi air terbatas pak, karena hanya air untuk kebutuhan rumah  sehari-hari itupun masih sangat sulit,” katanya.

Rahman mengaku lahan sawah mereka sebelum musim kemarau masih bisa  panen hingga 4 ton bahkan lebih. Namun di musim kemarau kali ini banyak petani sawah yang merugi,di karenakan gagal panen. 

harapan kami  sebagai petani pada pemerintah terkait untuk bisa membatu membuatkan irigasi pertanian sawah sehingga di kemarau yang akan datang , petani masih tetap bisa bercocok tanam  dan tidak gendalla air," tutupnya.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre