Breaking News

Koorsek Bawaslu Tikep: Anggaran Hibah Pilkada Dibawah 200 Juta Tidak Cukup

Abd. Malik Salasa, S.STP, M.Si
Koorsek Bawaslu Tikep

Maluku Utara (Tidore) FN,- Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan Abd. Malik Salasa menyatakan bahwa untuk anggaran hibah pada Pilkada yang diakomodir melalui APBD perubahan dibawah 200 juta itu tidak cukup.


Hal ini disampaikan Malik saat melihat pernyataan yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tikep Asrul Sani Soleman pada salah satu media cetak terkait anggaran hibah daerah yang diakomodir pada APBD perubahan.


"Pada APBD perubahan pemda telah mengakomodir anggaran untuk KPU sebesar 200 juta dan Bawaslu dibawah 200 juta," kata malik mengutip pernyataan Sekda di salah satu media cetak.


Lanjut Malik, kebutuhan pendanaan tahun 2019 yang sudah dirincikan yakni tahapan pembentukan Panwascam, pelantikan dan bimtek Panwascam, sosialisasi pengawasan, layanan administrasi Bawaslu, sewa gedung/meubelair/alat kantor Panwascam dan perjalanan dinas tersebut diangka 200 juta dan kalau Pemda mengakomodir anggaran dibawah 200 juta maka pastinya tidak akan cukup.


"Bawaslu sudah mengkondisikan soal anggaran sesuai kas daerah. misalnya, biaya sewa itu sebenarnya dibayar 1 kali dalam tahapan namun dikondisikan berdasarkan kas daerah jadi dibayarkan hanya 1 bulan yakni bulan Desember tahun 2019," jelas Mlik saat ditemui diruang kerjanya Jumat, (20/9/2019)


Terkait anggaran hibah lanjut Malik, Bawaslu sudah berulang-ulang melayangkan surat terkait pembahasan NHPD antara Bawaslu dan tim TAPD Kota Tikep namun hingga kini belum ada respon dari pemda terkait dana hibah tersebut.


"Pemda harus segera melakukan pembahasan terkait dana hibah tersebut. Apabila hingga tanggal 1 Oktober anggaran belum juga dibahas maka Bawaslu akan merekomendasikan penundaan tahapan pilkada di kota Tikep," tegas Malik. (Ram)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre