Breaking News

KNKT Gelar Bimtek Keselamatan Pelayaran Periode ke VIII di Kupang


Kupang, (NTT) FN-- Komite Nasional Keselamatan Transportasi  ( KNKT) secara khusus menghadirkan para pihak guna mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) keselamatan pelayaran periode ke VIII di Kupang, NTT.

Tujuannya, meningkatkan kepedulian keselamatan pelayaran serta memberikan tambahan wawasan tentang pentingnya budaya keselamatan pelayaran.
Dengan bimtek ini diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan pelayaran menuju zerro acident.

Ketua Panitia Bimtek, Capt. Sidrotul Muntaha, M.Si, M.Mar menyampaikan hal ini di sela-sela kegiatan di Hotel Aston Kupang, Rabu (18/9/2019). Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi ini diagendakan digelar tanggal 18-20 September 2019.

Dalam kegiatan ini ada 7 nara sumber yang dihadirkan yakni Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Direktorat Penjagaan Laut dan Pantai, Direktorat Kepelabuhan, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Direktorat Kenavigasian, KNKT dan Balai Keselamatan Kerja Pelabuhan.

Pejabat dari KNKT, Safari Alwi dalam paparan materi tentang Investigasi kecelakaan untuk keselamatan pelayaran mengatakan, pihaknya melakukan investigasi dilandasi pada prinsip PP nomor : 62/2013 dimana tugasnya tidak untuk mencari kesalahan, tidak untuk memberikan sanksi/hukuman, tidak mencari siapa yang bertanggung jawab menanggung kerugian.

Tugas KNKT adalah identifikasi terhadap permasalahan, analisis resiko dan faktor kontribusi, temuan terhadap penyebab kejadian, rekomendasi untuk mencegah kejadian yang sama tidak terulang kembali dan monitoring rekomendasi.

"Mengenai pengumpulan data diatur dalam Pasal 27-28 PP 62/2013 yakni KNKT mengumpulkan data dan barang bukti kecelakaan transportasi, mengambil gambar atau foto, mendata korban, mengumpulkan informasi dan keterangan di lokasi kecelakaan transportasi pada pihak yang mengetahui kejadian kecelakaan," jelasnya.

Tim KNKT, katanya, kemudian menganalisa dan menyampaikan laporan akhir berupa rekomendasi berupa informasi fakta, analisis fakta penyebab kecelakaan, kesimpulan yang kemungkinan menjadi penyebab kecelakaan pelayaran, rekomendasi keselamatan dan lampiran hasil investigasi juga dokumen pendukung lain jika ada.(amperawati)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre