Breaking News

Kabut Asap Kiriman, BPBD Mentawai Berbagi Masker

Foto : Bupati Mentawai saat membagikan Masker kepada Masyarakat setelah Pembukaan acara Lanal Surfing Competition 2019. Selasa, (24/09/2019).

Mentawai.figurnews.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai berbagi Masker atas dampak Kabut asap kiriman daratan Sumatra. 

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai, Novriadi bahwa terkait dengan Kabut asap kiriman daratan Sumatra pihaknya berupaya mengurangi kabut asap dengan Patroli di wilayah kepulauan Sipora. 

"Belum ada tindakan untuk mengurangi kabut asap. Namun kita berupaya jangan sampai Masyarakat kita memproduksi asap. Maka kita lakukan Patroli khusunya di wilayah pulau Sipora," ungkapnya kepada Wartawan setelah bagi-bagi Masker di Pelabuhan Tuapejat. Selasa, (24/09/2019). 

Dalam Kondisi saat ini dikatakannya agar Masyarakat menghindari pembakaran lahan yang berdampak akan bertambahnya kabut asap. 

Sementara itu untuk kecamatan lain di kabupaten kepulauan Mentawai pihaknya telah menghimbau kepada Camat untuk menyampaikan pesan agar Kepala Desa setempat agar memonitor kegiatan Masyarakat di setiap dusun. 

"Hari ini kita telah membagikan Masker kepada Masyarakat dengan tujuan dapat membantu Masyarakat kita untuk menjaga Kesehatan . Meski disegi Kualitas udara melalui pantau Android masih dalam Kondisi aman," terang Novriadi. 

Kemudian untuk memantau beberapa titik api di Wilayah Sumatra pihaknya menggunakan Satelit Lapan. Dan diketahui ada 3 titik api saat ini yaitu, 1 titik api di Kabupaten Dhamasraya dan 2 titik api di kabupaten Pesisir Selatan. 

Untuk kepulauan Mentawai terdapat 3 titik Api ketika pantauan pada 21 sampai 23 September 2019 waktu lalu yakni di Matobe Sikakap. Khusus pada tanggal 23 September 2019 kebakaran sangat besar hingga mencapai 4 hektar, lanjutnya. 

"Untuk Suhu udara, kecepatan angin dan Potensi hujan melalui Informasi dari BMKG bahwa Potensi hujan berawan pada minggu depan. Namun kita belum dapat memastikan apakah akan turun hujan," paparnya. 

Namun saat ini di sebagian Wilayah Provinsi Sumatra barat telah hujan diantaranya, Kabupaten Agam, Pasaman dan Solok Selatan. 

"Apabila kabut asap semakin tebal kita akan membagikan Masker di Sekolah dan sarana Publik lainnya," sebutnya.

Menurutnya, kabut asap akan berkurang apabila hujan tiba. Nitrogen dan Oksida akan berkurang. Namun lama waktu hilangnya kabut asap belum dapat di pastikan karena ini adalah kabut asap kiriman. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre