Breaking News

Demo Mahasiswa Di Gedung DPRD Sumbar Berujung Anarkis, Ruang Sidang Utama Diobrak Abrik

Padang(Sumbar),FN - Sekitar puluhan ribu mahasiswa serbu serta duduki gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Sumatera Barat(Sumbar), Rabu 25 September 2019, sekitar jam 11.00. Wib.

Para mahasiswa datang dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar melakukan aksi demo damai dan juga membawa berbagai spanduk dengan tulisan cukup pedas tentang kritikan DPR RI dan Pemerintah Pusat.

Aksi demo tersebut dipicu sekaitan di Paripurnakan RUU KUHP yang akan dilaksana oleh DPR RI. Namun hal itu ditolak para mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Sumbar dengan mendatangkan dari berbagai perguruan tinggi.

Demo juga dibawah pengawalan dari pihak aparat kepolisian. Para pendemo awalnya menjalan aksinya cukup aman dan terkendali hingga jam 13.00 Wib. Para pendemo tersebut meminta anggota dewan mau menemui mereka di halaman depan Gedung DPRD Sumbar untuk menyampaikan aspirasinya ke DPR RI da Pemerintah Pusat.

Akhirnya, para wakil rakyat tersebut mau menemui para pendemo serta mengadakan pembicaraan sekaitan tentang penolakan RKUHP oleh mahasiswa. Di hadapan ribuan mahasiswa yang melakukan demo, para anggota DPRD Sumbar menerima aspirasi para mahasiswa dengan membuat dua surat ke DPR RI dan ditanda tangani oleh anggota dewan dengan metrai 6000.

Setelah dibacakan surat pernyataan penolakan RUU KHUP, anggota Dewan langsung mengantarkan ke kantor Pos Indonesia untuk dikirimkan. Namun jelang sore, koordinator lapangan menginginkan untuk melakukan audensi dengan anggota DPRD Sumbar. Hal itu disanggupi oleh anggota dewan dengan syarat untuk  tidak melakukan anarkis. Maka diutuslah sebanyak 50 mahasiswa, namun para mahasiswa ikut audensi menjadi 150 orang. 

Para mahasiswa pun melakukan dialog diruangan Pansus II  sekiatan permintaan dari BEM / Mahasiswa dengan anggota DPRD Sumbar. Maka berbesar  hati pihak mahasiswa dalam melepaskan uneg-unegnya sekaitan persoalan RUU KUHP. Dalam kesempatan tersebut pihak aparat kepolisian melonggarkan dan memperbolehkan para mahasiswa masuk ke gedung DPRD Sumbar. Dengan alasan, karena ingin terjadi korban, dari pihak aparat kepolisian maupun pihak mahasiswa.

Selang beberapa menit kemudian, para mahasiswa mulai memasuki ruangan yang ada di gedung DPRD tersebut dan mulai me acak-acak serta mencoret dengan tulisan-tulisan kotor. Dan suasana mulai memanas, karena tidak ada respon dari pihak kepolisian, maka mahasiswa mulai merangsek kedalam ruangan Sidang Utama serta mulai mengobrak abrik ruangan tersebut.

Beberapa oknum mahasiswa mulai melakukan pengrusak, penjarahan barang-barang diruangan Sidang Utama. Dan seolah-olah oknum mahasiswa sengaja memancing pihak kepolisian untuk melakukan tindakan represif, Namun pihak kepolisian melakukan pembiaran dengan alasan tidak mau mengambil resiko dalam tindak anarkis yang dilakukan oleh oknum mahasiswa tersebut.

Meja, kursi serta berbagai alat elektronik pun jadi sasaran dari pihak oknum mahasiswa melakukan demo yang mulai menghancurkan benda diruangan tersebut. Belum puas dengan apa yang dilakukan, oknum mahasiswa pun mulai menjarah ruangan pustaka serta melempar beberapa barang elektronik melalui jendela perpustakaan DPRD Sumbar yang telah mereka pecah.Bukan itu saja, mereka juga merusak serta membakar ruangan sound sistem yang berada disamping kana ruangan paripurna. 

Karena telah mulai terjadi pembakaran dan munculnya api, para oknum mahasiswa berlari sambil keluar ruangan sambil menenteng racun api. Dengan munculnya api, pihak keamanan serta pegawai sekretariat pun panik dan melakukan upaya memadamkan api yang mulai membesar. Akhirnya api tersebut dapat dipadamkan dengan racun. 

"Kami sangat bangga pada adik-adik mahasiswa yang melakukan demo, semua permintaan mereka kita penuhi. Namun dengan tindakan tidak terpuji yang mereka lakukan maka kami jadi tidak simpatik lagi. Pada hal, mereka pengganti kami nantinya, kami mereka ini ibarat melakukan tindakan anarkis tersebut. Kami anggota DPRD Sumbar mengutuk keras tindakan dari oknum mahasiawa yang melakukan demo pada hari ini...!!! "Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. Irsyad Syafar, LC, M,Ed,  (Red)









No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre