Breaking News

Dampak Cuaca Panas Dan Hama Tikus, Petani Desa Pinang Banjar Di Prediksi Gagal Panen

 
PINANG BANJAR, MUBA (Sumsel) FN ---- Ratusan  hetar  petani sawah  Desa Pinang Banjar, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin dampak cuaca panas dan kemarau empat bulan belakangan ini serta serangan hama  tikus  menyebabkan petani akan mengalami  gagal panen. 

Oleh karenanya, selama musim kemarau empat bulan terakhir ini petani setempat  mengalami kekurangan air untuk mengaliri sawahnya sehingga tahun taman  Index pertanaman (IP) 200 tahun ini tidak maksimal dan di tambah lagi dengan serangan hama tikus  yang semakin  tidak bisa di tanggulangi lagi  membuat petani akan gagal panen.

Ketua Gapoktan  Banjar Asri Desa Pinang Banjar  Turino mengatakan, "Empat bulan  terakhir ini serangan tikus semakin parah, tikus menyerang ratusan hektare lahan sawah milik petani setempat. "Setahun terakhir ini serangan tikus sangat luar biasa,  membuat para petani frustasi karena selalu mengalami gagal panen. Jika panen hasilnya juga merugi," katanya, Senin, (16/9/2019 ) kata Turino pada figurnews.com.

Selain itu juga,"Tikus menyerang tanaman pada bagian batangnya sehingga tanaman menjadi patah, jika sudah patah maka  tanaman padinya sudah  tidak mungkin berbuah . atas frustasi  para petani dengan serangan tikus, petani pun kembali menggiatkan  penanggulangan hama tikus selama empat bulan terakhir ini,namun tidak membuahkan hasil  yang memuaskan.

Padahal   jenis padi  " MIKONGGA " ini  yang kita tanam  hanya menelan waktu 110 hari sudah panen,  namun  tahun tanam Index Pertanaman (IP) 200 yang biasanya per hektar mendapatkan gabah 4,5 ton ini,akibat dampak kemarau dan serangan  hama tikus  panen  petani menurun  draktis sehingga cuma mendapatkan 2 Karung gabah,"pungkasnya.


Sementara itu ,"Salah seorang petani sawah  Bambang Suyanto  ( 42) saat di bincangi oleh awak media  mengakui,"Sudah hampir 1 tahun tidak menggarap sawahnya karena selalu merugi. Terakhir panen yang berhasil pada 2017," kata Bambang.

Menurutnya," cuaca panas dan kemarau selama ini serta serangan hama tikus terus - menerus  membuat petani gagal panen sehingga menyebabkan petani sawah  berubah  haluan dan berinisiatif untuk  menanami dengan kelapa sawit,"tutupnya.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre