Breaking News

Aneka Souvenir Tarik Wisatawan di FPM 2019

Foto: Wisatawan Asal Brazil di Stan Siberut Barat Daya. Minggu, (30/06). 

FigurNews. Mentawai- Aneka Souvenir Mentawai menjadi daya tarik Wisatawan mancanegara di setiap sudut Stan kecamatan Siberut barat daya pada Acara Festival Pesona Mentawai di Mappadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara.

"Macam Souvenir seperti, Kotak, Papan Selancar kecil, sedang dan menengah, topeng dan pin yang diukir dengan Motif Alam Mentawai serta ada juga Kalung Sagelek khas Mentawai," kata Ayang (54) Pemilik Sauvernir di Stan Siberut Barat Daya kepada Wartawan. Minggu, (30/06).

Untuk harga sendiri ia katakan bervariasi, mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 1 juta. "Tetapi kalau mereka minta orderan harga bisa mencapai dua juta," tambah Ayang.

Mengenai pembuatan sendiri dikatakan memakai waktu 2 sampai 3 hari. Untuk peralatan intinya yaitu karter dan bahan utamanya kayu Kakaddut.

Menurutnya usaha yang dilakoninya sudah berlangsung 10 tahun bersama suaminya di Desa Peipei, Siberut barat daya tersebut, sebagai pemotf ukiran tersebut.

"Penjualan kami lakukan di setiap Resort diwilayah Siberut barat daya. Dengan jarak tempuh ke tempat terdekat sekitar seperempat jam dan yang terjauh hingga mencapai 4 jam perjalanan menggunakan Pompong," terangnya.

Melalui usaha tersebut ia dapat menghasilkan uang Rp. 2 Juta sampai Rp. 3 juta per bulan namun tak menentu tergantung pada banyaknya Wisatawan.

"Di setiap Home Stay ada waktu tertentu untuk berjualan tentunya kita berpacu dengan waktu, bersama penjualan lain," tutupnya.

Sementara itu Wisatawan Travelling asal Negara Brazil, Casio (31) mengakaui bahwa dirinya sangat mencintai Seni Budaya Mentawai.

"Saya sudah banyak memiliki Souvenir ini dirumah baik untuk di kapal maupun di Kampung saya sebagai oleh-oleh dan juga hiasan dalam rumah saya di Brazil," ungkapnya.

Casio menambahkan keberadaannya di kabupaten kepulauan Mentawai telah mencapai 15 tahun dengan Travelling ke setiap Wilayah kepulauan Mentawai.

"Saya suka jalan-jalan ke pulau besar di Mentawai seperti Pulau Siberut, Sipora dan Pagai," terangnya.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre