Breaking News

Yosep Sarogdok Apresiasi Lomba Panahan Tradisional Mentawai

Foto: Yosep Sarogdok saat bersosialisasi dengan Peserta Panahan. Sabtu, (29/06). 

FigurNews. Mentawai- Acara lomba panahan tradisional Mentawai yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten kepulauan Mentawai pada Fesival Pesona Mentawai (FPM) di dusun Mapaddegat, desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara. Sabtu, (29/06).

Perlombaan itu dikuti sebanyak 40 peserta terbagi dari 2 kategori yakni, 27 kategori dewasa dan 13 kategori anak. Salah satunya peserta Kategori Dewasa Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Mentawai, Yosep Saguruk.

"Saya salah satu peserta Panahan Tradisional Mentawai. Kita bukan mengejar hadiah namun kita ikut untuk memberikan Motivasi kepada peserta lain," ungkapnya.

Ia apresiasi acara panahan tradisional Mentawai pada FPM tersebut. Ia menghimbau kepada Generasi Muda agar tidak gengsi melakukan perlombaan seperti ini.

Apalagi katanya, alat Panahan merupakan senjata berburu yang digunakan Nenek Monyang Mentawai dahulu yang mestinya dijaga.

Menurutnya, Lomba panahan telah digelar dibeberapa kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai, untuk menuju tingkat kabupaten.

Setelah ini, tentu kita melihat perkembangan selanjutnya di tingkat provinsi tentang persiapan kebupaten menuju ke tingkat Provinsi.

"Lalu kita berharap kepada peserta panahan yang kalah agar tidak putus asa. Jadikan Moment ini sebagai partisipasi kita dalam menjaga warisan leluhur Mentawai,"

Kemudian disebutkan Yosep, Alat panahan tradisional jangan sampai dilupakan kemana saja pergi.

"Alat panahan tradisional Mentawai ini jangan sampai kita lupakan apapun pekerjaan kita, karena melalui inilah kita menjaga kebudayaan kita," tutupnya.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre