Breaking News

BPD Mentawai 2019-2025, Sekda Himbau Bangun Komunikasi

Foto: Sekda Mentawai, Martinus Dahlan saat memberikan selamat kepada Anggota BPD, usai dilantik. Senin, (24/06). 

FigurNews. Mentawai- Hari ini adalah Pelantikan serentak Sebanyak 200 anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) periode 2019-2025 di sepuluh kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai.

Menurut Sekretaris Daerah Mentawai, Martinus Dahlan, Pelantikan anggota BPD sesui Intruksi Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet, dilaksanakan di tiga pulau besar yakni pulau Siberut, Sipora dan pulau pagai.

"Bapak Bupati telah membagi tugas bahwasanya beliau di pulau Siberut, bapak Wakil Bupati di pulau Pagai di kecamatan Sikakap. Sementara saya ditugaskan di Pulau Sipora kecamatan Sipora selatan atau Sioban," katanya kepada Wartawan. Senin, (24/06) di Aula Kecamatan Sipora Selatan.

Ia menerangkan untuk pulau Sipora terbagi 2 kecamatan yakni Sipora utara dan selatan dengan total 73 Anggota BPD. Untuk jumlah BPD di kecamatan Sipora utara yang terbagi 6 Desa yaitu 36 Orang. Sedangkan untuk kecamatan Sipora selatan dengan 7 Desa yaitu 37 orang.

Sementara untuk kepulauan Siberut terdapat 5 kecamatan yakni kecamatan Siberut utara, Siberut barat, Siberut barat daya, Siberut tengah, Siberut selatan. Sedangkan untuk kepulauan Pagai terdapat 3 kecamatan yaitu kecamatan Pagai utara, Sikakap dan Pagai selatan.

Setelah pelantikan Martinus menghimbau kepada BPD agar mulai bergerak dan bermusyawarah dengan membangun Komunikasi antara Kepala Desa dan BPD mengenai program dan anggaran desa. Apabila ada masalah selesaikan cepat di tingkat desa.

"Menurut UUD, Kepala Desa dan BPD tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Mereka harus bersama untuk membangun desa sesuai aturan dimasing-masing Tupoksi," sebutnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa dalam mengelola anggaran desa, jangan seolah-olah uang itu milik kita. Itu uang Negara, tentunya kelolalah dengan baik. Agar terealisasi seperti seharusnya. Agar laporan anggaran tersebut dapat di pertanggung jawabkan.

Maka disini pentingnya peranan BPD melakukan pemantauan dan pengawasan anggaran desa, tutupnya.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre