Breaking News

BKPSDM Mentawai, Rangkap Jabatan Tergantung pada Kondisi

Foto : Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon S. Kamis, (12/09/2019).

Mentawai. Figurnews.com- Secara Kondisional, Mentawai sebagai daerah 3T dan Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), maka bagi seorang PNS masih dapat merangkap dua jabatan sekaligus. 

Sesui PP nomor 11 tahun 2017 bahwa PNS yang berasal dari daerah 3T diangkat dalam jabatan Administrator pada instansi Pemerintah di daerah 3T dikecualikan dari persyaratan dan tingkat Pendidikan dimaksud. 

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai, Sermon Sakerebau bahwa PNS Wajib memenuhi persyaratan Kualifikasi dan tingkat pendidikan paling lama 5 tahun sejak diangkat dari jabatan. 

"Melalui Pertimbangan dari letak Geografis dan SDM di Mentawai. Lalu Plt diberikan kebijakan merangkap dua jabatan itu dapat dilakukan," ungkapnya kepada Wartawan di ruangannya. Kamis, (12/09/2019). 

Selain itu, dalam keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 13 tahun 2003 tentang petunjuk teknis peraturan pemerintah nomor 9 tahun 2013 tentang wewenang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS. 

Pada prinsipnya, rangkap jabatan dilakukan untuk mengisi kekosongan. Maka bagi PNS memenuhi persyaratan, menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mentawai. 

Dijelaskan Sermon, adapun tahapannya seperti melihat Kondisi PNS di setiap OPD yang nantinya diberikan kebijakan oleh Kepala Daerah bagi Plt yang bakal di tunjuk. Selanjutnya dilaporkan kepada BKN Pemerintah pusat. 

"Jabatan Plt paling lama 6 bulan. Setelah itu dilakukan lelang Jabatan sebagai antisipasi Jabatan kosong di setiap OPD," terang Sermon. 

Saat ini ada 6 Jabatan yang diisi oleh Plt di setiap OPD yakni, Asisten I, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan dan Bidang Marga PUPR Mentawai. 

Sementara Jabatan Kepala Perikanan dan Kepala Bidang Bina Marga di isi oleh satu orang Plt yang baru bertugas di Mentawai. 

Menurutnya, Rangkap dua Jabatan diberikan kepada PNS baru hal yang biasa. Terpenting, Plt tersebut memenuhi persyaratan. Bukan berarti PNS yang lama di Mentawai tidak diberdayakan. Namun tetap tergantung dengan ketentuan dan kebijakan.

Enam Plt tersebut menunggu rekomendasi dari Panitia Seleksi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan seleksi terbuka pada bulan Oktober 2019 mendatang, tutupnya. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre