Breaking News

Wartawan Media Daring di NTT Antusias Berguru


KUPANG (NTT) FN--Sedikitnya 50 wartawan Media Daring (Online) yang melaksanakan tugas jurnalistik di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, sangat antusias berguru selama empat hari dari tanggal 12-15 Agustus 2019.

Kegiatan dipusatkan di Hotel Amaris, Kupang ini, bertujuan untuk mendapatkan ilmu mengenai Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan berita, dari tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa NTT.

Seperti disaksikan pada kegiatan, Rabu (14/8/2019), para wartawan sangat aktif mengajukan pertanyaan kepada nara sumber yang dihadirkan yakni Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum.

Wartawan Chintia Pella,  salah satu peserta mengungkapkan kegembiraannya atas kegiatan ini. Di pelatihan ini dia merasa terbantu untuk mengetahui kelemahan dalam membuat berita.
Chintia bahkan mengakui suasana dalam kegiatanpun sangat mencair dan tidak terkesan kaku. Apalagi bahasa yang disampaikan narasumber  mudah dicerna dan dipahami.

Staf Kantor Bahasa NTT, Salimulloh Tegar S, ketika membawakan materi tentang Paragraf Berita Media Massa Daring mengupas soal penggunaan ejaan. Saat ini,  jelas Salimulloh, penerapan berita daring tidak lagi pada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tapi menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Salimulloh membeberkan bahwa ada lima macam paragraf yang bisa dipakai. Dia menyebut,  paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan argumentasi. Untuk satu paragraf, dirinya berharap,  minimal memiliki satu kalimat topik, dan satu kalimat pengembang.

Suasana selama kegiatan di dalam ruangan ber-AC ini semakin asyik ketika panitia menyuguhkan permainan dengan memberikan satu kata. Setiap peserta, diminta membuat satu berita, dengan menggunakan  bahasa yang benar sesuai dengan PUEBI.(ER)
 #kantorbahasantt.

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre