Breaking News

Unik, di Kecamatan Sungai Lilin Ada Lomba Kuda Kepang

SUNGAI LILIN, MUBA (Sumsel),FN --- Dalam rangka mengangkat kearifan lokal, serta menyemarakan Hari Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI Ke- 74   Pemerintah Kecamatan Sungai Lilin mengadakan lomba kesenian Kuda Lumping di halaman Kantor  Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin , Provinsi Sumatera Selatan ,Rabu (14/8/2019).

Dari pantauan Figurnews.com Lomba  kuda Lumping di ikuti oleh  sembilan (9) Peserta namu yang hadir dalam lomba tersebut hanya empat (4)  peserta salah satunya ,"Sri Mudo Utomo dari desa Bukit Jaya,Mawar Jaya dari desa Sumber Rezeki,Keindonesiaan Santoso dari desa Sumber Rezeki dan Turonggo Taksi Sinar Jati dari  desa pinang Banjar.

Kuda lumping merupakan lomba yang menggabungkan antara olahraga dengan kesenian jaranan atau kesenian Desa, yang juga banyak ditemui di wilayah kecamatan Sungai Lilin.

Emilya Afrianita SSTP.,MSi selaku camat  Sungai Lilin, yang turut hadir serta  lomba ini mengungkapkan, di Kecamatan Sungai Lilin banyak sekali ditemui kesenian jaranan

Di Sungai Lilin banyak kita dapati kesenian serta klup-klup jaranan. Namun ini baru pertama kali, kuda kepang dibuat lomba .

Camat Sungai Lilin juga mengatakan, jika perlombaan ini cukuplah unik. Karena mengabungkan antara nilai budaya tradisional dengan nilai olahraga.

Ini merupakan inisiatif dari  dari pemerintah kecamatan Sungai Lilin yang juga  merupakan kreasi baru. Nantinya kita akan lebih memperkenalkan lagi ke masyarakat. Saya berharap lomba ini bisa menjadi alternatif baru di Sungai Lilin," katanya.

Sementara itu ketua panitia lomba  Sutiman di sela acara tersebut mengatakan bahwa," Demi untuk menumbuhkan keseniana Alhamdulillah sangat antusias peserta dan juga pemain kuda lumping sekaligus penonton sebenarnya kalau tidak pas hari masuk sekolah pasti sangat banyak yang mengikuti kegiatan ini.terus kedepannya kita selalu akan dibina yang mempunyai wadah dalam naungan paguyuban tingkat kecamatan Sungai Lilin," passetra," yang di ketuai oleh H ahyarudin,"kata Sutiman.

Ketua panitia juga berharap kedepannya ,"pihak terkait dari dinas Disdikpora untuk bisa memberikan bantuan yang berupa alat gamelan atau mensupport dalam segi pengadaan pakaian,ser demi untuk menunjang lancarnya kesenian kuda lumping yang ada di kecamatan Sungai Lilin kussusnya dan  mudah-mudahan  kesenian budaya  kuda lumping  di Kecamatan Sungai Lilin ke depanya lebih kompak lagi. tutupnya.
(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre