Breaking News

Sungai di Jalan Poros Desa Sumber Rezeki, jadi Tempat Membuang Bangkai Ternak Ayam

SUMBER REZEKI, MUBA (Sumsel),FN -----  Sejumlah sungai - sungai  di jalan  poros Desa sumber Rezeki  Kecamatan Sungai Lilin,  Kabupaten Musi Banyuasin menjadi tempat pembuangan bangkai ternak Ayam  oleh pelaku yang belum di ketahui siapa yang membuat bangkai ayam tersebut. 

Hal tersebut membuat masyarakat Desa Sumber Rezeki B1 merasa sangat geram melihat  kondisi sungai yang setiap hari nya di manfaatkan oleh masyarakat ini di kotori dengan  bangkai ayam yang berkarung - karung oleh orang yang tidak bermoral dan berahlag baik terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan  di suatu tempat

Padahal sungai-sungai di  jalan poros Desa Sumber Rezeki Ini dimanfaatkan warga untuk mengairi tanaman dll," ujar Yanto Selasa (13/8/2019)

Dari pantauan Figurnews.com ,"Akibat pembuangan bangkai ayam di sepanjang tiga  sungai di jalan poros Desa Sumber Rezeki itu, bau busuk menyengat memenuhi Jalan poros, sehingga masyarakat yang melintas merasa sesak nafas saat melintas.

Sampai hari ini  warga masih menyelidiki pembuang ratusan bangkai ayam yang dibungkus puluhan karung dan dibuang di bawah  jembatan  sungai jalan poros Desa Sumber Rezeki Kecamatan Sungai Lilin .

Pembuangan bangkai ayam di Sungai  itu informasinya sudah terjadi sejak lama, Ada dugaan pembuang bangkai itu pemilik  peternakan ayam  yang ada di wilayah Desa Sumber Rezeki  yang tidak mau bersusah payah mengubur bangkai ayam peternakannya atau membakarnya.

Kepala Desa  Sumber Rezeki Sutiman mengatakan saat di wawancarai oleh awak media ,"Selasa (13/8) "Kita masih akan melakukan penyelidikan dan  kita juga akan melakukan pembinaan kepada pemilik peternakan ayam di wilayah desa sumber Rezeki terkait dengan dampak bangkai ayam yang di buang di sungai Jalan poros Desa Sumber Rezeki,"kata kades. 

Kades juga menyampaikan saat di wawancarai oleh wartawan tentang perizinan peternakan ayam potong dan ayam telur yang terlihat sudah menjamur," Sejauh ini  belum ada perizinan  yang di beritahukan kepada pemerintah desa. Ucapnya singkat.

Di tempat terpisah warga yang tak mau di sebutkan namanya  kepada awak media mungungkapkan  Sangat geram bahwa," ini harus di tindak tegas dan jangan sampai di biarkan begitu saja,dan bila perlu akan kami laporkan kepada pihak yang terkait ataupun ke Bupati sehingga tidak menimbulkan  dampak panjang untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan di tengah masyarakat.

Tambahnya lagi,"inikan unggas yang bisa kapan saja menyebabkan penyakit flu burung dan menimbulkan kematian terhadap  seseorang apabila tidak tau aturan dan syarat ketentuannya tentang usaha ternak ayam,"tambahnya.

Kami sebagai warga berharap  kepada pemerintah dan penegak hukum untuk menindak tegas dan mengklarifikasi ulang tentang perizinan ternak ayam yang ada di wilayah desa Sumber Rezeki yang semakin menjamur," tutupnya .(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre