Breaking News

Arak - Arakan Ribuan Pelajar Semangat Meriahkan Karnaval di Kecamatan Sungai Lilin

Sungai Lilin, MUBA (Sumsel),FN -- Ribuan pelajar TK, SD/MI SMPN ,SMAN,SMKN serta dari  Pondok Pesantren se -- Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin , Provinsi Sumatera Selatan, mengikuti tradisi di bulan Agustus ini menjadi momentum bagi seluruh warga Kecamatan Sungai Lilin untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 dengan melakukan sejumlah perayaan Karnaval, Kamis (15/8/2019).

Star karnaval yang di gelar di jalan Palembang- Jambi tepatnya di KM 114 Kelurahan Lilin Jaya dan Finis terakhir di KM 111. Kelurahan Sungai Lilin

Dari pantauan awak media di lapangan," masyarakat Tak mau ketinggalan dengan memanfaatkan momentum ini sebagai bentuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Salah satunya lewat karnaval.

Ribuan pelajar  ini yang mengikuti karnaval    Mereka menampilkan keberagaman  kostum, seni tari, dan teatrikal dalam sebuah parade karnaval. Ada yang mempertunjukan pakaian  seragam suku yang ada di Indonesia. 

Ada pula budaya yang khas Islami, dan berbagai kostum keprofesian seperti nelayan, praktisi kesehatan, petani modern dan juga kostum masa perjuangan juga ditampilkan. Menambah semarak acara karnaval.

Camat Sungai Lilin Emilya Afrianita S.STP.,M.Si yang hadir dalam acara tersebut menyatakan kebanggaannya. "Tidak semua festival untuk wisatawan, salah satunya karnaval ini yang memang kami peruntukkan bagi rakyat. Ini adalah acara untuk menyuburkan nasionalisme serta toleransi bisa tumbuh dan berkembang di tengah sikap intoleransi yang semakin banyak muncul," kata Emilya.


Di sini, saya lihat semua siswa - siswi peserta  jadi satu tanpa ada sekat dan  latar belakang, agama dan budaya. Ini jadi salah satu cara untuk meredam terorisme dan radikalisme. Sehingga dengan demikian pendidikan toleransi tidak hanya jadi di kelas-kelas, tempat sisw - siswi sekolah" tuturnya.

Emilya juga memandang ini sebagai cara masyarakat untuk belajar tentang sejarah. "Mereka ini kalau belajar tentang sejarah di sekolah, tentu waktunya terbatas. Dengan memakai kostum ini mereka jadi belajar tentang sejarah kostum yang mereka kenakan, belajar tentang seni budayanya," kata Emilya.

Karanaval ini berlangsung dari pagi hingga siang hari.  Para siswa-siswi terlihat antusias memainkan perannya sebagai bagian dari warga  Negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Camat Sungai Lilin Dan di dampingi sekcam juga para staf kecamatan serta Danramil 401-01 yang di wakili oleh para Babinsa Koramil 401 -01 juga lurah Sungai Lilin ikut menyemangati peserta dengan turun langsung menyapa para peserta karnaval. "Jaga kebinekaan bangsa ini dengan ikatan persatuan yang kuat untuk negri ini,"  kepada siswa-siswi yang mengikuti jalannya Karnaval.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre