Breaking News

Akibat Cuaca Panas, Warga Mekar Jaya Keluhkan Air Bersih

JIRAK JAYA MUBA (Sumsel),FN ---- Menyusul cuaca Panas memasuki  musim kemarau  Warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Jirak Jaya , Kabupaten Musi Banyuasin ( MUBA) mulai kesulitan air bersih,akibat  Curah hujan yang menurun beberapa pekan terakhir sehingga menyebabkan ketersediaan air sumur warga terus berkurang,sehingga warga kesulitan air bersih di Kecamatan tersebut karena belum adanya jaringan pipa air dari PDAM.

Dari hasil pantauan Figurnews.com di lokasi  dampak cuaca panas belakangan ini mengakibatkan beberapa desa dikecamatan jirak jaya kekurangan air bersih termasuk salah satunya yang paling parah  di desa mekar jaya kecamatan jirak jaya. 

Apalagi yang terlihat di salah satu tempat pemandian, Seperti dam penampungan air sekarang sudah  molai berbau tak sedap dan berwarna kehijauwan seperti warna lumut, tetapi dengan tidak adanya air bersih di desa tersebut ,warga  terpaksa  masih mampaatkan air itu untuk mandi dan mecuci pakaian setiap hari walaupun sering terkena penyakit kulit dan gatal - gatal terutama anak - anak yang sering mandi di sungai.

Waluyo (53)  warga Desa Mekar Jaya,  Kecamatan Jirak Jaya,kabupaten musi Banyuasin ,menjelaskan  saat di wawancarai oleh awak media Rabu (14/8/2019)," pasokan air sumur warga di Desa kami tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan air bersih keluarga. Masalahnya ketersediaan air sumur selama berkurangnya curah hujan dua pekan terakhir terus berkurang.

Air sumur warga tidak cukup lagi memenuhi kebutuhan keluarga setiap hari sepekan terakhir. Air sumur hanya ada pagi hari dan hanya cukup untuk kebutuhan sampai siang. Sore hari air sumur nyaris kering,”katanya.

Sementara itu ,"untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga di Desa Mekar Jaya terpaksa membeli air dari Desa  tetangga  dengan harga air bersih dari pihak swasta yang dibeli warga rata-rata Rp 100/liter. Setiap kali memesan air bersih minimal satu tangki kapasitas 500 liter dengan harga Rp 100.000.

Sejauh ini kepala Desa mekar Jaya belum ada solusih untuk masalah air bersih ini dan kami berharap sangat pemerintah Kecamatan Jirak Jaya  maupun pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk memperhatikan Desa kami  dan membuat jaringan PDAM sehingga Masyarakat tidak lagi kesulitan air bersih," harapnya.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre