Breaking News

Diskominfo Optimis Bisa Capai Target Retribusi Menara Rp.1,6 Miliar

                             
Padang(Sumbar),FN - Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kota Padang optimis target retribusi Pengendalian Menara atau tower yang ditargetkan sebesar Rp.1,6 miliar tahun ini bisa terelisasi. Pemilik tower ditarget harus melakukan  pembayaran paling lambat bulan November 2019 nanti.

"Kami optimis target RPTM tahun 2019 sebesar Rp1,6 miliar dapat tercapai. Melihat dari ketidakberataan dan antusias pengelolan menara telekomunikasi yang ada untuk membayar retribusi itu, saat dilakukan sosialisasi pada 8 Juli 2019 lalu," ujar Kepala dinas Kominfo melalui Kepala Bidang Komunikasi Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Padang Swesti Fanloni di Media Center, Selasa kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah tower di Kota Padang mencapai  375 titik. Keberadaannya tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Nilai retribusi menara telekomunikasi jauh berkurang dibandingkan sebelum tahun 2015. Sebab dulunya pembayaran RPTM senilai 2 persen dari nilai jual objek pajak (NJOP),  bisa mencapai Rp17 juta hingga Rp30 juta per satu menara. Namun sejak keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi tanggal 26 Mei 2015, menyebabkan hal tersebut tidak berlaku. Kerena ketika itu pihak penyedia menara telekomunikasi menggugat ke Mahkamah Konstitusi  soal kebijakan tarif retribusi menara telekomunikasi yang dianggap terlalu mahal. 

Sekarang, untuk tarif dasar retribusi pertahun berdasarkan zona dan ketinggian menara yang telah ditetapkan yakni, Zona I sebesar Rp4.657.200, Zona II Rp4.687.600, Zona III Rp4.718.000 dan Zona IV sebesar Rp4.748.400. Sesuai dengan Perda nomor 1 tahun 2019 revisi ketiga atas Perda Kota Padang nomor 11 tahun 2011 tentang restribusi jasa umum dan Perwako nomor 29 tahun 2019 tentang tata cara pemungutan restribusi pengendalian menara telekomunikasi.

"Kini tarif RPTM hanya dari Rp4,7 juta hingga Rp7 jutaan per menara per tahun. Sangat jauh berkurang dibandingkan sebelumnya. Makanya kami yakin pengelola menara telekomunikasi tidak keberatan membayarnya" papar Swesti. 

Penagihan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (RPTM)  akan dilakukan. Setelah keluarnya Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) terkait RPTM pada hari ini, Selasa 23 Juli 2019. Petugas Diskominfo,  sudah bisa melakukan pemungutan retribusi tersebut. Targetnya sebelum November, penagihan RPTM dapat diselesaikan. 

"Setelah keluarnya SKRD hari ini, pengelola menara telekomunikasi diberikan waktu pembayaran hingga 60 hari ke depan, atau 23 September 2019 mendatang. "Paling lambat November 2019 nanti, semua retribusinya sudah masuk ke kas daerah" sebut Swesti. (*ags)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre