Breaking News

Walikota Padang H. Mahyeldi Buka Secara Resmi Livestock dan Kontes Ternak 2019

                                
Padang (Sumbar),FN - Kegiatan Livestock dan Kontes Ternak 2019 dibuka langsung oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah  di belakang Kantor Balai Kota Padang, Rabu 26 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan jang pertujukan kepiawaian peternak untuk melihatkan hasil dan promosi ternaknya.

Wako mengatakan, Livestock Expo dan Kontes Ternak merupakan agenda tahunan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. Beberapa tujuannya antara lain mempromosikan hasil-hasil peternakan yang ada di 19 kabupaten/kota se-Sumbar, lalu memotivasi peternak untuk dapat meningkatkan produksi, ajang silaturrahim antar peternak dan sekaligus memperluas jejaring usaha serta akses permodalan.

Tambahnya, Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah penduduk 927,168 jiwa dan laju pertumbuhan penduduk 1,3 merupakan pangsa pasar yang menjanjikan bagi pelaku usaha peternakan. Peluang ini harus kita rebut bersama” jelas Mahyeldi.

Lebih lanjut kata Mahyeldi, dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi ajang peningkatan pengatahuan dan wawasan bagi para peternak, warga dan pihak terkait lainnya. Salah satunya dalam upaya peningkatan produksi daging di Kota Padang.

“Kepada para petani dan peternak kami mengimbau, ambilah manfaat dari diselenggarakanya acara ini. Mari kobarkan semangat dalam berusaha, tingkatkan kemampuan dalam berkolaborasi dan bersinergi serta jadilah peternak yang tangguh, mandiri dan visioner hingga masa-masa yang akan datang,” tukas wali kota.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri menerangkan, dalam kegiatan ini beragam acara dilaksanakan. Seperti kontes ternak dari para peternak se-Sumbar. Diantaranya yang dilombakan untuk anak simental, induk simental dan kambing. Kemudian juga ada stan promosi dari pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar terkait peternakan dan keswan.

Seperti BPTU Padang Mangatas, Balai Veteriner Bukittinggi dan BPTP Sukarami Solok. Lalu juga ada stan untuk mitra-mitra seperti Japfa Comfeed, Bank Mandiri, BRI dan Bank Nagari Serta Fakultas Peternakan Unand Padang, Politeknik Pertanian Payakumbuh dan lainnya.
“Selain itu juga ada lomba asah terampil, lomba ayam kukuak balengek dan lomba baju kurung basiba. Kemudian rapat koordinasi antar kepala OPD yang menangani fungsi peternakan se-Sumbar, seminar nasional, kesenian dan olah raga, cerdas cermat antar petugas dan hiburan lainnya,” tuturnya.

Diterangkannya lagi, adapun jumlah ternak yang ikut dalam kontes ternak tahun ini berjumlah 112 ekor ternak yang terdiri dari 8 ekor simental dewasa jantan, 10 ekor simental dewasa betina, 13 ekor sapi bali jantan dan 11 ekor sapi bali. Selanjutnya 7 ekor sapi po jantan, 6 ekor sapi po betina, 11 ekor sapi simental anak jantan, 9 ekor sapi simental anak betina, 8 ekor kerbau jantan, 7 ekor kerbau betina, 7 ekor kambing pe jantan, 5 ekor kambing betina, 5 ekor sapi ekstrim, dan 5 ekor cempe.(ril)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre