Breaking News

Tari Massal Bakal Guncang Panggung Festival Pesona Mentawai 2019

Foto: Latihan Tari Massal Masigaba Purimanuajat. Selasa, (25/06). 

FigurNews. Mentawai- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten kepulauan Mentawai melakukan berbagai persiapan dalam acara Festival Pesona Mentawai (FPM) pada 28 Juni 2019 mendatang.

Salah satunya, penampilan Antraksi Tari Massal Kreasi Mentawai. Tari Massal berjudul Masigaba Purimanuajat terjemahan dari bahasa Mentawai ke Indonesia Mencari Kehidupan itu diikuti sebanyak 30 orang pelajar SMA dan 25 orang pelajar SMP. Dengan total keseluruhan 55 orang pelajar yang terbagi dari 16 laki-laki dan 39 perempuan.

Satu dari dua Koreografer, Heru Firman mengatakan, tari Masigaba Purimanuajat menceritakan tentang Aktifitas Masyarakat Mentawai seperti Petani dan Nelayan serta kegiatan Masyarakat saat menangkap kepiting (Muaggau).

Sementara Kepala Sesi Kepemudaan Dispora, Sulaiman menyebutkan tujuan di selenggarakan tari massal kreasi Mentawai untuk mengangkat dan mempromosikan Kebudayaan kabupaten kepulauan Mentawai kedunia baik kepada pengunjung Domestik maupun Mancanegara.

"Sehingga apabila pengunjung datang dapat memberikan Inspirasi bagi kita Masyarakat Mentawai untuk mengembangkan dan mengangkat nilai budaya Mentawai sendiri," sebutnya kepada Wartawan. Selasa, (26/06) di Kawasan Desa Wisata, Mapaddegat. Desa Tuapejat, Sipora utara.

Adapun peralatan yang digunakan seperti Lajjau (tempat Kepiting), Lap-lap (Penjepit Kepiting), dan Parang serta Bendera sebagai Simbol keramaian.

Ia berharap, melalui Iven ini dapat memberikan nilai-nilai budaya bagi pengunjung pecinta seni. Menurut Data Dispora, Pada FPM mendatang ada dua bentuk rangkaian acara yaitu Antraksi dan Perlombaan selama tiga hari pada 28 Juni sampai 01 Juli 2019.

Untuk Antraksi yaitu Teater rakyat, Pawai Budaya, Busana Mentawai, Turuk Laggai, Jelajah Hutan dan Snorkling, Pembuatan tato dan Panahan.

Sedangkan untuk perlombaan, Foto Iven, Turuk Laggai, Selaju Sampan, Perahu layar tradisional, Lagu Mentawai, Foto Selfi dan Lomba karya tulis.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre