Breaking News

Perdes Diharapkan Mampu Dongrak Desa Wisata

Foto: Acara Pelantikan BPD Kecamatan Sipora utara-selatan. Senin, (24/06).

FigurNews. Mentawai- Peraturan Desa (Perdes) diharapkan mampu dukung pemerintah melalui program Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Destinasi Wisata Madobag, Muntei Mapaddegat dan Katiet (M3K). Salah satunya, Katiet, Desa Bosua, kecamatan Sipora selatan.

"Sebagai Daerah Destinasi Wisata kita minta kepada Kepala Desa dan BPD dalam membuat peraturan desa dan keputusan desa agar dipermusyawarahkan karena itu merupakan Investasi di daerah kita," ungkap Sekretaris Daerah Mentawai, Martinus Dahlan kepada Wartawan usai melantik 73 BPD di kecamatan Sipora utara dan selatan. Senin, (24/06).

Misalkan, Wilayah Destinasi Wisata Katiet. Tentu semua unsur harus terlibat dalam menyikapi perdes itu, baik BPD maupun Masyarakat. Tentang dampak baik dan buruknya kepada Wisatawan, tambahnya. "Jangan sebaliknya, kita membuat aturan kita yang membuat masalah," terang Martinus Dahlan.

Maka dari itu, diingatkannya, untuk melakukan Konsultasi desa dengan pemerintah dibidang Pemerintahan maupun dibidang hukum. Apabila salah membuat aturan atau mengimplementasikan, Wisatawan akan lari dan takut. Dan itu selama ini terjadi yang membuat orang takut berinvestasi.

Ia menegaskan kepada kepala desa agar melayani bukan dilayani. Artinya, ada Sinkronisasi peraturan desa dengan pemeri tah.

Peraturan desa dengan pemerintah itu agar bagaimana kita bisa menimbang dan menerima Investasi yang datang ke Mentawai. Pasalnya, Katiet sebagai salah satu Destinasi Wisata tentu perlunya menjaga hal itu dalam membuat kebijakan yang menimbulkan pertentangan.

"Kita berharap kepada Ketua BPD atau pengurus baru serta kepala desanya tetap bekerja sama dalam situasi apapun," tutup.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre