Breaking News

Lomba Panahan Tradisional Mentawai

Foto: Lomba Panahan Tradisonal Mentawai di FPM 2019. 

FigurNews. Mentawai- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten kepulauan Mentawai menggelar lomba panahan tradisional pada Festival Pesona Mentawai (FPM). Sabtu, (29/06) di dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Disparpora, Matheus melalui Staf Bidang Olahraga, Ruben bahwa, lomba panahan digelar karena merupakan kegiatan yang biasa dilakukan Masyarakat Mentawai pada umumnya untuk berburu.

Untuk peserta panahan tradisional berasal dari sepuluh kecamatan dan komunitas yang sebelumnya diseleksi di tingkat kecamatan. Ada dua Kategori perlombaan yaitu Kategori Dewasa dan Anak-anak.

Jumlah Ketegori Dewasa sebanyak 27 orang. Sedangkan anak-anak berjumlah 13 orang. Seleksi dilakukan dengan tiga tahap dengan cara membagi tiga jumlah peserta.

"Jarak Posisi pemanah dengan sasaran pada kategori dewasa sekitar 25 Meter sedangakan anak-anak 10 Meter," ungkap Ruben.

Perlombaan Panahan dikatakannya, menjadi agenda tahunan di FPM. Ini digelar karena didalamnya terdapat arti dan nilai budaya Mentawai.

Ruben mengupayakan untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan budaya penahanan tradisional disetiap tahun. Sehingga panahan Nasional dapat diakui ditingkat Nasional.

"Untuk hasil Juara 1 sampai 3, kita akan umumkan Pemenang pada acara penutupan FPM pada 01 Juli 2019  mendatang," tutupnya.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre