Breaking News

Moment FPM 2019 Edukasi Kesehatan Tato

Foto: Persiapan FPM 2019 di Desa Wisata, Mapaddegat-Tuapejat. Selasa, (25/06).

FigurNews. Mentawai- Menjelang moment Festival Pesona Mentawai (FPM) pada 28 Juni sampai 01 Juli 2019 mendatang, Dinas Kesehatan kabupaten kepulauan Mentawai hadir memberikan edukasi kesehatan kepada setiap pengunjung di Stand FPM.

Berbagai bentuk Edukasi kesehatan kepada pengunjung diantaranya dampak penggunaan Alat tusuk dalam pembuatan tato. Pasalnya, penggunaan alat tusuk tato secara bergantian mengakibatkan penyakit menular.

"Kita tidak tahu riwayat pemakai alat tusuk tato pertama. Namun gunakanlah satu alat tusuk satu orang," ungkap Kepala Dinkes Mentawai, Lahmuddin Siregar. Senin, (24/06) usai Sosialisasi Mongkeypox.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengendalian penyakit tidak menular seperti, gula darah, Klosterol dan Asam urat. Dimana penyakit tidak menular tersebut dapat membahayakan keselamatan hidup.

Maka hal itu perlu pemeriksaan melalui cek tensi. Apabila Masyarakat diambang yang perlu pertolongan atau rujukan, itu mestinya menjadi perhatian Tenaga Kesehatan untuk menindak lanjuti.

"Ada orang yang merasa sehat namun tiba-tiba bisa saja drop. Setelah diperiksa ternyata tensinya tinggi," papar Lahmuddin.

Dalam pengobatan, ada masyarakat yang malas untuk berobat ke Puskesmas maupun Pustu. Maka melalui Stan Dinkes Mentawai tersebut di desain semenarik mungkin sebagai Edukasi maupun Promosi Kesehatan.

"Promosi kesehatan melalui hiburan, permainan dan pertanyaan. Pengunjung sifatnya tidak menonton sehingga menarik rasa ingin tahu untuk kesehatan Masyarakat tersebut," terangnya.

Namun diterangkan pada FPM pihaknya tetap Konsentrasi pada penyakit tidak menular.

Selanjutnya di Stan juga menerima Ibu hamil dan gejala HIV untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pasalnya, Ibu-ibuk juga dapat terinveksi HIV akibat Suami. Dan itu menjadi antisipasi dalam menjaga kesehatan Masyarakat. Menariknya, distan juga memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu.

Wartawan: Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre