Breaking News

Sosialisasi Panwaslu Kecamatan Partisipatif di Mentawai


Foto: Sosialisasi Pengawasan Pemilu tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten kepulauan Mentawai di Aula Toronia, Km-4 Tuapejat. [E.Virmando-figurnews.com].
 
Mentawai (Sumbar), FN- Sosialisasi Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan Sipora utara di hadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten kepulauan Mentawai. Melakukan sosialisasi Partisifatif dengan Masyarakat di kecamatan Sipora utara. 

Berdasarkan Pasal 280 UU Pemilu No 7 Tahun 2017. Dimana Aparatur Sipil Negara (ASN), Polisi Republik Indonesia (Polri), Tentara Republik Indonesia (TNI) dan Badan Permusyawarahan Desa (BPD) beserta jajaran agar tetap Netral. 


Hal itu di katakan Ketua Bawaslu Mentawai Ferius Sabaggalet kepada figurnews.com, Jumat (30/11) di hotel Toronia, Jl. Raya Tuapejat Km-6, Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai. Dalam menyonsong pesta Demokrasi mendatang, perlunya kesadaran Masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan pemiu 2019.


Ferius mengatakan, Apabila Masyarakat menemukan Pelanggaran dan Kecurangan Pemilu 2019, beserta bukti segeralah melapor ke Bawaslu bersama jajaran agar dapat di proses sesui dengan tindak kecurangan yang di lakukan perorang maupun Partai Politik (Parpol) 


" Dan apabila ada dugaan tindak pidana, kami segera dalami untuk di lakukan pengembangan dengan penyelidikan bukti audentik dan kami akan melakukan pelaporan ke Banwaslu provinsi Sumatra Barat. “ tegasnya 1 jam baru sampai dari Kota padang saat melakukan Rapat Koordinasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Devisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Bawaslu Mentawai Sunarno, pada sambutanya peranan penting keikutsertaan Masyarakat dalam mengawasi Pemilu. 


Seterusnya di katakan apabila masyarakat menemukan pelanggaran dan kecurangan di lingkungan masyarakat sipora utara agar melaporkanya ke Panitia Pemilu Desa (PPD), Panitia Pemilu Kecamatan (Panwascam), dan selanjutnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten kepulauan Mentawai.


“ Apabila ada temuan hendaklah melaporka segera kepada PPD, Panwascam, dan selanjutnya kepada Bawaslu. Katanya setelah membuka resmi acara itu. " ujarnya.


Sementara itu Panitia Penyelenggara acara Ketua Panwaslu Sipora Utara Arwizul mengatakan, ada beberapa pelanggaran hingga saaat ini di lakukan pihak Parpol seperti Alat Peraga kampanye (APK) di pagar atau halaman Instansi Pemerintah dan aturan jarak Bendera Parpol. Dan pelanggaran tersebut sudah di laporkan ke pihak Bawaslu Kabupaten kepulauan Mentawai. 


“ kita temukan pelanggaran seperti APK di Pagar dan halaman pemerintahan dan juga jarak pemasangan bendera oleh parpol yang terlalu berdekatan. “ bebernya.


Devisi Hukum dan penindakan Panwascam Sipora utara Aksori mengatakan menjelang pesta Demokrasi 2019 mendatang di minta semua unsur lapisan masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam suksesnya pemilu. 


“ keterlibatan Masyarakat dan unsur terkait dalam menyukseskan Pemilu 2019 adalah harapan kita bersama” katanya.


Selain itu Devisi pencegahan hubungan antar lembaga Wiwin Kurniawati menghimbau pertisipasi Masyarakat ikut berperan aktif dalam pengawasan pemilu 2019. (EV)
  

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre