Breaking News

Simulasi ASB, Solusi Penanggulangan Bencana di Mentawai


Foto: ASB dan Tim PB Mentawai saat melakukan Simulasi PRB di Desa Tuapejat. [E. Virmando-figurnews.com]


Mentawai (Sumbar), FN— Simulasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) gempa dan tsunami di selenggarakan Arbiter Smart Bund (ASB) bersama Tim Penanggulangan Bencana (PB) di desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai. Jumat (30 /11/2018).

Ika Prastiwisari Fasilitator Arbiter Smart Bund (ASB) mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya meminimalisir resiko bencana gempa dan tsunami, dimana kegiatan tersebut melibatkan masyarakat Desa Tuapeijat, khususnya yang berpemukiman di pesisir pantai.

"Simulasi ini merupakan rangkaian puncak, dari sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya diantaranya pelatihan tanggap bencana, pelatihan dapur umum logistik, pelatihan Radio Rig, pemetaan wilayah aman dan pertolongan pertama gawat darurat, " paparnya.

Simulasi tersebut melibatkan masyarakat di empat Dusun yang ada di Desa Tuapeijat diantaranya Dusun Camp, Jati, Kampung dan Dusun Karoniet, kemudian melibatkan anak Sekolah Dasar (SDN) 13 Tuapeijat yang masih berada di zona merah.

Ia menyebutkan masing-masing dusun memiliki regu Tim PB dengan jumlah yang bervariasi mulai 30 hingga 40 orang, Tim PB ini akan mensosialisasikan kepada masyarakat Dusun setempat terkait prosedur penyelamatan diri saat terjadi bencana.

"Kita berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa terlatih terlatih dan bisa melakukan evakuasi mandiri, sehingga mengurangi resiko bencana, apabila bencana itu benar-benar terjadi, kita sebenarnya tidak berharap ada bencana, tetapi kita tidak tahu kapan bencana itu akan datang, " timpalnya.

Lebih lanjut dikatakannya berdasarkan diskusi Tim PB telah ditentukan lokasi tempat pengungsian, lokasi evakuasi sementara di lokasi Tower, Jalan Raya Tuapejat Km 1, sedangkan evakuasi akhir di lokasi Asrama Kaum yang jaraknya kurang lebih 500 meter dari lokasi evakuasi sementara.

"Di lokasi evakuasi akhir ini tempat berkumpul sampai situasi benar-benar aman, dimana di sini akan didirikan tenda pengungsian dan dapur umum logistik, kita harapkan juga kepada masyarakat untuk menyiapkan cadangan makanan dengan potensi lokal yang ada, " kata Ika.

Sementara itu Kepala Dusun Camp yang juga merupakan Tim PB, Gely Nehe mengucapkan terima kasih kepada Tim ASB yang mengadakan kegiatan tersebut, "Terima kasih kepada ASB yang mengadakan kegiatan ini, karena, dengan begitu masyarakat akan paham melakukan evakuasi mandiri dan tidak panik saat bencana terjadi. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre