Breaking News

Panwaslu Sipora Utara, Tingkatkan Pengawasan Jelang Pemilu 2019


Foto: Pimpinan Rapat Bawaslu Kabupaten dan Panwascam Sipora utara di Aula Bundo House. Jumat, (21/12). [E. Virmando-figurnews.com]

Mentawai (Sumbar), FN- Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sipora utara tingkatkan pengawasan kepada pihak Partai Politik (Parpol) dalam Kampanye berupa pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal itu di katakan Ketua Panwaslu Sipora utara Arwizul kepada figurnews.com, di Aula bundo house. Jumat, (21/12), setelah mengelar Rapat Kordinasi (Rakor) Komperatif Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang akan di selenggarakan serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Ia menghimbau kepada 6 Pengawas Pemilu Desa (PPD) di wilayah Kecamatan sipora utara, untuk lebih teliti dalam pengawasan APK. Lebih lanjut, khususnya bagi tim sukses yang melakukan Money Politic (Politik Uang) saat turun kelapangan di waktu libur Natal dan Tahun baru.

“ Semakin dekat Pemilu, semakin banyak pelanggaran. Kepada pihak PPD agar memperhatikan Parpol saat memasang APK. “ katanya.

Pemasangan APK berupa Baliho dan Spanduk di katakan minimal berjarak 2 meter di tiap APK Parpol. Seterusnya ia menyebutkan, tidak di benarkan apabila Parpol memasang di tempat umum seperti pagar sekolah, tempat ibadah, dan di pagar perkantoran.

Jelang pemilu yang hampir dekat, Arwizul menghimbau PPD agar melakukan kerja sama dengan pihak Tempat pemungutan suara (TPS) karena dikatakan nantinya Tim suskses yang mempengaruhi masyarakat untuk mencoblos partai tertentu.

“ Apabila ketemu pelanggaran tersebut maka kami akan memproses ketingkat Bawaslu, biasanya pelanggaran tersebut bisa di ancam kurungan penjara selama 6 bulan dan denda uang Rp. 900rb jika terbukti bersalah. “ bebernya.

Arwizul berharap kedepannya pihak PPD lebih meningkatkan pengawasan dalam Pileg dan Pilpres 2019. Pasalnya, Masyarakat bakal mengalami kesulitan saat melakukan pencoblosan pada 2 bentuk pemeilihan itu.

Maka ia juga mengharapakan kedepanya sosialisasi Panitia pemungutan suara desa (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK).

Sementara perwakilan dari Bawalu Kabupaten kepulauan Mentawai Devisi pengawasan hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Firdaus Satoinang mengatakan pihaknya bersama Pengawas pemilu tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan selalu melakukan pengawasan kampanye, seperti yang di fasilitasi KPU dan juga yang di lakukan Parpol tersebut.

“ kami meminta laporan kepada pihak Panwaslu kecamatan agar segera melapor bila ada temuan di lapangan supaya dapat di tertibkan. Namun sebelumnya kita akan menyurati Parpol apabila ada pelanggaran. “ katanya

Diharapkanya pihak Parpol harus memenuhi aturan APK yang di fasilitasi KPU. Seterusnya proses desember ke Januari atau Natal dan Tahun baru, dan itu adalah Momen kesempatan bagi para Parpol untuk berkampanye. Maka pada itu katanya Panwaslu di setiap kecamatan harus tetap melakukan pengawasan, walupun di Momen Natal dan Tahun baru.

“ Pada Momen Natal dan tahun baru di harapakan kepada rekan-rekan tetap melakukan pengawasan pelanggaran APK yang di lakukan pihak Parpol, karena ini adalah Momen natal dan tahun baru biasanya ini kesempatan bagi para Papol untuk berkampanye. “ bebernya.

Menjelang pemilu, Bawaslu kabupaten tingkatkan pengawasan melalui pelatihan Bekal seperti simulasi. Adapun tujuan tersebut di hari H nanti pihaknya sudah mengetahui apa saja yang bakal di awasi. Lebih lanjut ia katakan tentunya itu tidak lepas dari Panwascam karena nanti mengontrol ke PPS.

“ Maka di butuhkan kerja sama yang baik dalam pengawasan karena kami tidak mungkin dapat mengdeteksi semua TPS di tingkat desa. “ paparnya.

Kemudian saat melakukan pendistribusian kotak suara nanti, pihaknya akan melakukan pengawalan, kapan sampai di tempat tujuannya TPS. Lebih lanjut, pihaknya mengantispasi saat distribusi, tidak ada terdapat kotak suara yang rusak.

Pihaknya berharap mengoptimalisasi tahapan pengawasan yang telah berlangsung. Lebih lanjut, tahapan yang sudah, tahapan kampanye dan masa tenang untuk tetap melakukan pengawasan agar terciptanya pemilu yang sejuk, damai, aman dan Musaraina. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre