Breaking News

Geliat SKB Pasaman di Tengah Badai yang Datang

(Foto : Kantor SKB Kabupaen Pasaman)

Pasaman,(Sumbar),FN--Akhir-akhir ini SKB Kabupaten Pasaman menjadi sorotan dari setiap kalangan.  Seolah-olah sorotan tersebut memandang setiap kegiatan yang ada di SKB Kabupaten Pasaman ini hanya fiktif. Di tengah sorotan tersebut beberapa Pamong Belajar SKB Kabupaten Pasaman ingin membuktikan kepada masyarakat Pasaman bahwa SKB Pasaman yang dipandang sebelah mata tidaklah begitu adanya, di Kantor SKB Kabupaten Pasaman, Selasa (11/12) 
(Foto : Kegiatan studi komperatif pamong belajar SKB pasaman ke UKM House of Thalita Bogor)

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Studi Komperatif ke salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di kota Bogor yaitu UMKM House of Thalita. Studi Komperatif ini bertujuan untuk membandingkan hasil karya dari House of Thalita dengan hasil karya yang telah dibuat oleh warga belajar Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) SKB Kabupaten Pasaman.
(Foto : Kegiatan studi komperatif pamong belajar SKB pasaman ke UKM House of Thalita Bogor)

UMKM House of Thalita memanfaatkan anyaman pandan, rotan, dan lontar untuk dijadikan tas, dompet, topi, hiasan dinding, kipas.  Yang mana hasil dari anyaman ini lebih diperindah lagi dengan cara menempel. Dibandingkan dengan hasil karya warga belajar KUM SKB Pasaman yang hanya menganyam dari pandan yang hasilnya berupa tas untuk pergi melayat, keranjang, dan tikar yang tidak dipercantik dan hanya diberi warna.

(Foto : Kegiatan studi komperatif pamong belajar SKB pasaman ke UKM House of Thalita Bogor)

FigurNews.com saat mewawancarai Pamong SKB mereka bercerita bagaimana selama berkunjung ke House of Thalita dilayani langsung dengan baik dan sangat ramah oleh yang punya UMKM ini yaitu Mbak Aisyah. Kami diajarkan langsung proses mempercantik dan memperindah hasil anyaman tersebut. 

Ternyata prosesnya tidaklah sulit hanya dibutuhkan kesabaran pada saat menggunting napkin (tisu) yang akan ditempelken ke hasil anyaman, dan setelah dilihat hasilnya memang lebih mempunyai nilai seni dan nilai jual yang lebih tinggi.  Jadi dari hasil Studi Komperatif ini kami ingin menerapkannya di program yang ada di SKB. Bisa melalui kegiatan program PKW, PKH-P ataupun KUM. Sehingga setelah masyarakat mengikuti program yang ada di SKB ini mempunyai arti dan makna bagi kehidupan dan perekonomian mereka. Tidak hanya sebatas kegiatan semata, yang selama ini kegiatan hanya tinggal kegiatan yang manfaatnya tidak dirasakan kedepannya oleh masyarakat.

 (Foto : Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)

Selain dari kegiatan Studi Komperatif ini, SKB Pasaman untuk tahun 2018 ini diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai program. Diantaranya yaitu Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) usaha kerupuk jengkol di nagari Aia Manggih Lubuk Sikaping dan Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) olahan gula aren menjadi gula semut di Muaro Tombangan Duo Koto. Peserta dari program ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak mempunyai penghasilan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini memeberikan keterampilan kepada mereka, dengan keterampilan ini dapat membantu perekonomian rumah tangga mereka. Alhamdulillah kegiatan ini telah berjalan dengan lancar bahkan kegiatan PKH-P di Muaro Tombangan dibuka langsung oleh Ibu Mira Atos Pratama.
(Foto : Program  Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) Gula Semut Kec. Duo Koto)

(Foto : Program  Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) Kerupuk Jengkol  Kec. Lubuk Sikaping)


Mudah-mudahan untuk kedepannya SKB Kabupaten Pasaman dapat memberikan yang lebih banyak lagi program-program kegiatan yang menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman ini. (EN)
(Foto : Program  Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) Kerupuk Jengkol  Kec. Lubuk Sikaping)

(Foto : Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)



(Wawancara Jurnalis Figurnews.com : Beberapa Pamong SKB Kabupaten Pasaman )

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre