Breaking News

Basarnas Mentawai Gelar Operasi Siaga Khusus Natal dan Tahun Baru


Foto: Sambutan Kepala Kantor Sar Mentawai Akmal pada saat Apel dalam rangka persiapan Operasi Siaga Khusus di pelabuhan Tuapejat. Selasa, (18/12). [E. Virmando-figurnews.com]

Mentawai (Sumbar), FN- Program kerja Badan pencarian dan pertolongan nasional (Basarnas) kelas B Mentawai, mengelar operasi khusus Search and rescue (Sar), atau pencarian dan pertolongan, agenda Natal 2018 dan Tahun baru 2019. Program tersebut berlangsung selama 15 hari terhitung 18 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. 

Hal tersebut di kemukakan Kepala kantor Sar Mentawai Akmal kepada figurnews.com di pelabuhan Tuapejat. Selasa, (18/12). sebanyak 19 personil akan di tugaskan dari 3 bentuk kegiatan yaitu Standby, Mobille, dan Monitor. Dari 19 personil di bagi menjadi 9 orang perhari dalam kegiatan siaga khusus tersebut. 

Kegiatan Standby di lakukan pada 2 titik yaitu Kantor Sar dan pelabuhan Tuapejat. Selanjutnya kegiatan Mobille di lakukan di pantai Goisooinan, Jati, Mapaddegat dan bandara Rokot. Seterusnya daerah dilaksankannya kegiatan Monitor pelabuhan Maileppeb, Sikabaluan, Sioban, dan Pelabuhan Pagai selatan. 

“ Monitor melalui Komunikasi dengan Instansi pemerintah seperti BPBD, Dinsos, dan yang berpotensi SAR seperti Polri dan TNI. Hal tersebut di lakukan guna mendapatkan informasi tentang arus lalu lintas laut. Dalam siaga kusus ini kita mengantisipasi apabila nanti terjadi kecelakaan dan bencana yang membahayakan manusia. “ ungkapnya. 

Sementara itu pihaknya sudah mengsiagakan 1 unit Kapal, 2 Rib, 4 Perahu karet, 4 unit Mobil operasional dan 2 Motor trial.   

Selain itu di katakan dari siaga khusus itu, pihaknya tetap menjalani siaga rutin selama 24 jam di setiap harinya. “ pelaksanaan kegiatan selama 15 hari, ada yang tetap standby di masing-masing kategori kegiatan, artinya 9 orang di siaga khusus dan 9 orang lagi di siaga rutin. “ terangnya.

Akmal berharap, pelaksanaan operasi siaga khusus berjalan secara maksimal, dan juga ia tidak berharap hal yang tidak baik terjadi di kabupaten kepulauan Mentawai, seperti Bencana yang membahayakan manusia. (EV) 




PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre