Breaking News

Upacara Hari Pahlawan yang ke 73 tahun 2018 dengan tema" SEMANGAT PAHLAWAN DI DADAKU" Laksanakan di Lapangan Imam Bonjol Padang

Padang (Sumbar),FN - Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang ke 73 Pemko Padang, Kodim 0312/Padang beserta Yonif 133/Ys  dan di ikuti sekitar 500 orang peserta melaksanakan upacara dilapangan Imam Bonjol, Sabtu (10/11/2018) jam 09.00 Wib.

Upacara peringatan Hari Pahlawan yang ke 73 tahun 2018 dengan tema" SEMANGAT PAHLAWAN DI DADAKU"  bertindak sebagai Irup Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah serta Danup Kapten Inf Setianis  Bertempat di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang, yang di ikuti sekitar 500 orang peserta.

Acara tersebut juga merupakan untuk mengenang para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Adapun kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Walikota Padang Bapak H. Mahyeldi Anasrullah, Wakil Walikota Padang Emzalmi Dandim 0312/padang Letkol Czi Rielman Yudha, Danyonif 133/YS Danyonif 133/Ys Letkol Inf Endik Hendrasandi, Lantamal II Aspotmar Kolonel (Mar) Sumarto Danbrimob AKBP Zulkifli Ismail, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulimar, Kejati Sumbar diwakili,  Ketua DPRD, FORKOMPINDA, Para Pejuang dan Veteran Se Kota Padang, Instansi terkait, Tamu dan Undangan

Rangkaian kegiatan tersebut juga dipertunjukan kebolehan dari Marcing band SMP Kartika 1/6 Padang. Kebolehan dari Marcing band SMP Kartika 1/6 Padang, membuat para hadirin terpukau atas kepiawaian dalam akstrasi tersebut.

Disamping itu juga diadakan lomba pawai anak bangsa yang peserta terdiri dari, Sma Safarius, Smk Kartika 1-2 padang, Smk 6 Padang  Sma Pertiwi 1 Padang, Smk Pelayaran dan Smk Nasional Padang

Dalam hal ini, juga diadakan Lomba yel-yel se kota pelajar se kota Padang dengan beberapa peserta yang diikuti dari, SMPN 12, SMPN 23, SMPN 7, SMPN 33, SMPN 29, SMP PERTIWI, MTS, SMP ABDULAH AHMAD, SMPN 24, SMPN 14, SMPN 21, SMPN 8a dan 8b, SMP SIMA, SMPN 6, SMPN 35, SMPN 12 dan SMPN 13.

Sedangkan dari Personil TNI, Polri dan ASN termasuk dari Pelajar ikut kegiatan tersebut dan terdi dari 1 SSK Paduan Suara dari SMP 2 Padang, 1 SST Korsik, 2 SST Yonif 133/YS, 1 SST Lantamal II, 1 SST Lanud Sutan Syahrir Padang, 2 SST Brimob, 1 SST Sabara, 1 Dishub, 1 SST Polhut, 1 SST Sat Damkar, 1 SST Dinas Lingkungan Hidup, 2 SST Sat Pol PP, 2 SSK ASN/PNS, 1 SST PPAM, 2 SSK Pelajar Se Kota Padang.

Dalam hal ini juga disampaikan Amat tentang Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik lndonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang, setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Padang H. Mahyeldi juga mengatakan bahwa perjuang pada tanggal 10 November 1945 mati - matian memperjuangkan dan terjadi  pertumpahan darah.

"Sesuatu hal yang tidak mungkin, Alhamdulillah dan kenyataan, upaya dan keinginan luhur dari  pada setiap anak bangsa. Maka itu semangat dan persatuan bisa kita hadirkan dan itulah mengusir para penjajah, 10 November baru kita merdeka perjuangan dan pertumpahan darah, asaal semangat persatuan dan kesatuan itu tidak bisa ditawar-tawar. Dan setiap anak bangsa ini harus menjadi elemen-elemen yang mengokohkan dan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan kita. Maka kalau itu, setiap anak bangsa ini juga harus mewaspadai adanya personal- personal dan adanya pribadi yang mencoba adu domba, akan melemahkan persatuan dan kesatuan. Apa pun agenda di Indonesia ini, persatuan dan kesatuan tidak boleh rusak,"kata H. Mahyeldi Walikota Padang.

Dalam kesempatan tersebut, awak media juga menyinggung tentang bantuan kursi roda bagi para para veteran yang mengalami cacat pada kakinya.

"Alhamdulillah, itu nanti kita berikan pada mereka,' H. Mahyeldi mengakhirinya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Dandim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha, juga menjelaskan tentang ada bantuan kursi roda dan makanan bergizi untuk para veteran.

"Kita akan beri bantuan bersama pemko untuk para veteran berupa kursi roda dan makan bergizi, nanti kita serahkan secara seremonial. Disamping kami masih menunggu kedatangan Komandan Korem. Setelah Danrem hadir, dan memberikata sambutan, kata sambutan dari Walikota setelah itu ada doa lintas agama dan secara bergantian mendoakan para pahlawan, veteran dan kita bersama oleh lima pemuka agama. Setelah itu baru kita berikan bantuan untuk mereka yang kita bicarakan tadi. Dan kita juga akan bawa mereka jalan keliling tas permintaan nya dan ini salah satu kita peduli dan menghargai mereka," jelas Dandim 0312/Padang  Letkol Czi Rielman Yudha.

Dengan kedatangan Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P. juga menyempatkan diri menyampaikan tentang makna dari hari Pahlawan tersebut.

"Kita bukan berarti lebih ringan dari pahlawan dahulu, arti dari semuanya adalah kita mengajak semua generasi muda. Seperti apa yang kita, lakukan, pertama kita mengingat para pahlawan perjuanagan, mereka seperti apa memperebut kemerdekaan. Yang kedua mengajak generasi muda meningkatkan diri sumber daya manusia Indonesia untuk masa depan. Dan terakhirnya, mari sama-sama membangun bangsa oleh semua elemen oleh semua bagian masyarakat dan tidak hanya kelompok-kelompok tertentu saja. Hindari dan hilangin dari kepentingan kelompok demi kepentingan bangsa,"ujar Danrem032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P. pada awak media.

Kegiatan tersebut salah satu bentuk kepedulian para generasi penerus terutama pemuda untuk mengenang para jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Fella


No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre