Breaking News

Peringati Maulid Nabi, Lapas Kelas II B Gelar Lomba dan Evaluasi PAIF

Payakumbuh (Sumbar),FN - Sejak Selasa (20/11/2018) kemaren, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Payakumbuh telah memulai serangkaian  kegiatan keagamaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kesempatan itu juga dirangkai dengan evaluasi kegiatan pembinaan keagamaan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kemenag Kota Payakumbuh atas nama Zulhendri, S. Ag yang memiliki objek binaan di lokasi ini.

Jelang melaksanakan tugas dinas ke Kanwil Kemenkum HAM di Provinsi Sumbar,  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Kelas IIB Payakumbuh dibuka resmi Kepala Lapas, Era Wiharto selaku penanggungjawab kegiatan didampingi para pejabat, staf dan 19 Orang CPNS.

Menurut Era Wiharto, Nabi Muhammad SAW adalah contoh dan suri tauladan terbaik dan mendapat pengakuan dunia, dalam kajian ilmiah dan sebagainya.

"Sebagai wujud terima kasih kepada pahlawan kita selalu mengenang dan mengingat jasa-jasanya. Untuk mengenang jasa pahlawan muslim seluruh dunia pada tanggal 20 November bulan ini, giat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Termasuk KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM yakninya di Lapas Kelas IIB Payakumbuh, disini. Momen ini hendaknya bisa kita optimalkan hikmahnya. Bagaimana kita bisa meniru perbuatan dan amalan beliau secara kaffa. Meskipun syetan dan iblis selaku musuh nyata manusia selalu menjerumuskan kita ke dunia dosa dan maksiat,"Era Wiharto jelaskan

"Melalui momen ini, kami selaku pemerintahan menghimbau kita semua marilah kita kembali ke jalan yang benar. Karena allah itu maha penerima taubat. Mari kita merubah diri, menginsyafi salah kita, dengan mengisinya melalui amalan terbaik jelang akhir sisa usia. Dengan mengucapkan basmallah, serangkaian kegiatan lomba dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita buka," ucap Ka. Lapas

Adapun kegiatan keagamaan yang digelar berupa evaluasi bacaan shalat, bacaan al quran dan akidah akhlak oleh PAIF Zulhendri. Serangkaian kegiatan dan lomba lainnya, selanjutnya dihandle Ka. KPLPAbdul Rahman Silaban bersama jajaran pegawai yang ada di Lapas Kelas IIB Payakumbuh.

Seiring berjalannya kegiatan lomba itu secara lancar. Pada Jumat (23/11/2018) di mushalla At Taubah Lapas Kelas IIB ini dilaksanakan lomba azan dan hafidz juzz 30 dengan peserta warga binaan dan menghadirkan juri penilai Fajri Nur dan Zulhendri dari Kankemenag Kota Payakumbuh. Lomba ini didampingi langsung Ka. KPLP Abdul Rahman Silaban.

Dari lomba yang berakhir setelah shalat Ashar sore Jumat itu, untuk lomba azan dimenangkan oleh Juliadi. Sedangkan lomba hafidz juzz 30, Printito raih Juara I.

Disaksikan seluruh warga binaan yang dimayoritasi napi dengan kasus narkotika diserahkan hadiah pembinaan. Penyerahan hadiah dilakukan Ka. KPLP Abdul Rahman Silaban, Kasubsie Regbimas, Taufiqurrahman. Hadiah lainnya juga diserahkan PAIF Kemenag Payakumbuh Zulhendri, S.Ag.

Menutup kegiatan, Ka KPLP Abdul Rahman Silaban menyebut bahwa kegiatan ini akan terus digelar guna pembinaan akhlakul karimah kepada warga binaan.

"Mari kita ambil hikmat dari kegiatan ini. Sebagai evaluasi kegiatan PAIF dengan objek Lapas, kita sangat mengapresiasinya selama ini. Dan kami harap, kerjasama ini tetap berjalan optimal demi Payakumbuh yang kita cintai ini," ucap Abdul Rahman Silaban.

Dalam waktu dekat kita akan kembali menggelar MoU dengan Kemenag dan MUI, khususnya dalam pembinaan keagamaan bagi warga binaan. Saat ini lagi mempersiapkan kelengkapan yang diperlukan"imbuh Taufiqurrahman.

Suasana suka cita warnai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Kelas IIB Payakumbuh yang saat ini tergolong Lapas yang berstatus overcapaty, namun kaya dengan prestasi dalam pembinaan yang dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diraih.(ul)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre