Breaking News

Pelantikan PAW, Satu dari Tiga Anggota DPRD Mentawai

Mentawai,FN — Rapat Paripurna Istimewa DPRD Mentawai dalam rangka Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten kepulauan Mentawai Partai Bulan Bintang (PBB) Dapil 3 Pulau Siberut Dam Suri menggantikan Rasyidin Saypul berjalan baik. Rasyidin Saypul salah satu dari 4 Anggota DPRD yang diberikan PAW dengan Partai Politik (Parpol) yang berbeda. Rabu (21/11) di Ruang Sidang DPRD Mentawai. 

Sedangkan tiga lainnya belum bisa dilantik, dikarenakan melakukan gugatan ke Pengendalian Tata Usaha Negara (PTUN). Hal itu dikatakan Wakil Ketua I DPRD Mentawai Nikanor Saguruk kepada wartawan usai melantik Damsuri. Selanjutnya kata Nikanor pihaknya belum menerima SK Gubernur dari tiga partai tersebut, sebelum pihaknya melakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus). 

Tiga anggota DPRD lainnya yang mengundurkan diri tersebut yakni Hendri Nasrani dari Partai Amanat Nasional (PAN), Gerson Samalinggai dan Alesandre Zalukhu dari Partai Gerindra, melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), sehingga pelantikan PAW Anggota DPRD tersebut tertunda. 

"Tiga teman-teman anggota dewan kita lainnya, setelah mengajukan surat pengunduran diri, kemudian melakukan gugatan ke PTUN, kita tidak tau pasti apa gugatannya," terangnya kepada wartawan usai paripurna tersebut. 

Dan di sebutkan mengenai Surat Keputusan (SK) pihaknya sebelum itu sudah menanyakan jumlah SK yang sudah sampai ke DPRD dan pada waktu, senin (19/11) itu baru 1 SK yang sampai atas Nama Dam Suri dari Partai PBB. Dan juga di sebutkan SK dari Parpol yang mengajukan PAW pihaknya  belum ada menerima.

"Secara internal Partai kita tidak mau urus kan, karena partai kita sudah berbeda, tetapi secara administrasi dan aturan tentu menjadi kehati-hatian kami, kepada  bamus kami pertanyakan siapa saja SK yang sudah datang, ternyata baru satu atas nama Damsuri dari PBB, " paparnya. 

Lebih lanjut dikatakannya berdasarkan surat disposis Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok kepada Sekwan bahwasanya terkait adanya gugatan tersebut, yang sekarang dalam proses pengadilan, meskipun secara administrasi sudah ada SK, PAW belum bisa dilakukan sampai ada keputusan dari PTUN.

"Disposisi saudara Ketua adalah kepada Sekwan kita harus menunggu keputusan PTUN, nah atas dasar itulah kita harus melakukan kehati-hatian, namun sekali lagi tidak ada maksud kami memperlambat proses pelantikan ini, " tambahnya. 

Pada rapat tersebut hadir Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, Sekwan Martinus Dahlan, Sejumlah Anggota DPRD Mentawai, Unsur Forkopimda, Sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai dan tamu undangan lainnya. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre