Breaking News

Maksimalkan Kreatifitas Mahasiswa Vokasi PDD AKN Lewat MK Kewirausahaan


Mentawai,FN - Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Lampung Rintisan Akademi Komunitas Negeri Mentawai (AKNM) sebagai Pendidikan Vokasi Diploma II, menerapkan pembelajaran keterampilan kepada Mahasiswa yang terbagi dengan 2 Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Teknologi Pangan dan Budidaya Perikanan.

Hal itu terlihat saat 40 Mahasiswa Prodi Budidaya Perikanan Semester III Tahun Akademik 2018-2019 melakukan Pratikum Mata Kuliah (MK) Kewirausahaan. Savni Retalia Sababalat Teknisi MK Kewirausahaan mengatakan kepada Wartawan di ruangannya. Jumat, (23/11/2018) di Kampus, Pratikum Pembuatan Empek-empek Pelangi rasa Ikan tenggiri tersebut adalah Ilmu terapan agar mahasiswa mampu untuk berwirausaha di bidang Perikanan.

“ Kita berupaya bagaimana Mahasiswa dapat membuka usaha nantinya dengan Produk Olahan Perikanan. Ada tiga Produk yang mereka praktekkan hari ini seperti Empek-empek pelangi, Empek ikan teri, dan Baawan Ikan teri. Dan ini kami lakukan agar mahasiswa Budidaya perikanan dapat juga berjualan makanan.” katanya.

Meski Mahasiswa sering melakukan Pembudidayaan ikan namun Savni mengupayakan agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk beriwira usaha dan juga agar dapat menciptakan Produk olahan Perikanan yang unik di pasaran. Dan selanjutnya mengenai Manajemen Usaha mahasiswa juga di arahkan untuk mewancarai Pemilik Usaha yang ada di Ibu Kota Mentawai Tuapejat.

“ Hubungan antara Budidaya Perikanan disini ialah agar Mahasiswa mampu mengolah ikan menjadi Olahan ikan siap di Produksi sehingga mereka nanti sudah mampu berwirausaha untuk menghasilkan uang.” paparnya.

Selanjutnya di katakan Savni Mahasiswa sebanyak 40 orang di bagi menjadi 3 kelompok sesui dengan judul yang mereka plih. Lebih lanjut pihaknya menilai rasa makanan yang telah di buat Mahasiswa nantinya akan di cicipi dan untuk kekurangan rasa makanan Mahasiswa membuat menjadi sebuah laporan kelompok.

“ Kita mengajak 2 orang dosen untuk membantu merasakan hasil Produk yang Mahasiswa lakukan, dengan tujuan agar mahasiswa mampu menciptakan Makanan yang laris di Pasaran.” tutupnya.

Di tempat yang sama Saltiana Mahasiswa yang mengikuti Pratikum Kewirausahaan mengungkapkan bahwa dia dan tim berupaya agar menciptakan rasa yang unik tentang Produk Olahan Empek-empek Pelangi dari pengadukan tepung, dan bahan lainnya.

“ kami berusaha agar hasil olahan empek-empek pelangi kami dapat menciptakan rasa yang unik dan warna yang mencolok tentunya tidak menghilangkan rasa empek-empek itu sendiri. “ katanya. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre