Breaking News

Gubernur Sumbar, Pemkab/ko Hendaknya Mendorong Kompetensi Wartawan

Gubernuran,FN - Kita senang dengan kegiatan peningkatan kompetensi wartawan sebagai upaya mendorong tumbuhnya wartawan profesional dalam profesinya, sehingga akan lahir berita yang mencerdaskan masyarakat. Oleh karena itu kita berharap pemerintah daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat ikut mendorong kegiatan keprofesionalisan profesi wartawan di daerah masing-masing sesuai aturan yang berlaku. 

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam audensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) cabang Sumatera Barat, Ketua Heranof dan pengurus lainnya, didampingi Kabag Penyelenggaraan Informasi Pimpinan (PIP)  Biro Humas Zardi Syahrir, SH.MM. di Gubernuran Sudirman Padang, Sabtu (17/11/2018).

Lebih lanjut Pergub nomor 30 tahun 2018 tentang standarisasi kerjasama pemerintah dengan media massa merupakan upaya meningkatkan marwah media di Sumbar, bagaimana wartawannya memiliki kompetensi yang diharuskan UU 40/1999 tentang pokok pers dan keberadaan Dewan Pers mewujudkan pers Indonesia yang mandiri dan profesional. 

Untuk menyambut niat baik ini,  kepada Biro Humas agar melakukan kajian yang lebih dalam lagi,  jika perlu lakukan revisi pergub tersebut,  untuk mengakomudir bagaimana melahirkan wartawan Sumatera Barat yang profesional,  memiliki integritas diri,  cinta daerah, mandiri,  sesuai aturan yang berlaku. 

Kita senang PWI Sumbar mau berkontribusi bekerjasama dengan humas Pemprov Sumbar melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik Kehumasan yang didalamnya ada Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). 

"Kemudian juga dalam mengapresiasi dedikasi dan karya wartawan jurnalis di Sumbar dirasa perlu dilakukan lomba atau sebuah penghargaan "Rohana Khudus Award ". Untuk diharapkan Biro Humas Sumbar secepatnya merencanakan program ini dalam kegiatannya, minimal untuk anggaran perubahan tahun 2019, " ujar Gubernur mengingatkan. 

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengungkapkan, sejalan dengan upaya melahirkan wartawan yang kompeten dan profesional, PWI mengajak para Kepala Daerah Bupati dan Walikota, bersama-sama melaksanakan UKW bagi wartawan di daerahnya. 

Mulai tahun depan peserta UKW harus mulai mengambil dari ienjang wartawan muda. Dari muda ujian lagi ke tingkat Madya dan terakhir mencapai jenjang wartawan Utama. 

"Tidak boleh langsung seperti sekarang, peserta UKW bisa langsung jadi wartawan utama yang menjadi level Pemred, Wapemred atau Penanggungjawab," ujarnya.

Penyelenggaraan Bimtek Jurnalistik Kehumasan akan diselenggarakan akhir bulan November 2018, Peserta Bimtek akan di Undang oleh Biro Humas sementara untuk perserta UKW akan dilakukan seleksi oleh PWI Sumbar sesuai standar muda, madya dan Utama. (Humas Pemprov Sumbar)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre