Breaking News

Dampak FPM 2018 Berikan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Mentawai,FN - Desti Siminora Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengatakan dampak dari Festival Pesona Mentawai (FPM) ke-3 yang  di selenggarakan di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai mengalami peningkatan.

Selanjutnya dikatakan,  dari data jumlah pengunjung seperti Turis asing sudah mencapai 12.000 dan Pengunjung wisata Nusantara berjumlah 15.000.  Akibatnya banyak tumbuh usaha Pariwisata seperti penambahan Transportasi baik darat maupun laut kelokasi wisata.  Selain itu dikatakan usaha Restoran dan kafe di tempat Wisata juga mengalami peningkatan.

Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai untuk menuntaskan kemiskinan melalui Desa Wisata bersama Kementrian Pariwisata di bidang kelembagaan telah mencanangkan Desa Muntei sebagai Desa Wisata. Dan diharapkan kesiapan Pemerintah setempat.

"Kita dapat lihat dari banyaknya penumpang dari Kapal Cepat Swasta yang mengalami lonjatan pengunjung hingga tidak kebagian Tiket.  Lebih parahnya lagi Panggung FPM saat menampilkan Antraksi Tato panggung ambruk, karena banyaknya pengunjung yang menaiki panggung," Ungkapnya.

Dalam bidang Wisata Budaya Desti mengatakan pihaknya mengupayakan untuk membuat buku tentang Budaya Mentawai. Pasalnya dengan buku akan memberikan Edukasi tentang sejarah Mentawai seperti makna Tato. Namun semua perlu Riset dahulu dan tahapannya. Dan dikatakan pihaknya dalam bidang kebudayaan melalui antraksi.

"Kami memberikan Edukasi kepada anak sekolah agar mereka tahu dengan kebudayaannya dan agar mereka bangga dengan kebudayaannya. Ketika mereka sudah bangga tentunya mereka melestarikan kebudayaannya. Dan kebudayaan sendiri bagi Pariwisata adalah sebuah kekuatan. Karena daerah yang mempunyai kebudayaan yang kuat itu selalu di kunjungi oleh wisatawan. Adapun perbandingannya wisatawan pengunjung seperti 40 persen pengunjung Alam dan 60 persen pengunjung Wisatawan budaya dan tentunya juga memberikan peningkatan perekonomian masyarakat." Paparnya. (3/11/2018)

Terpisah, Sekretaris Dispora Aban Barnabas Sikaraja mengatakan pelayanan kepada pengunjung hal yang perlu di perhatikan oleh semua Panitia, Baik dari Dispora maupun Panitia kecamatan. Persiapan itu sudah jauh sebelumnya di lakukan seperti Memberikan Informasi FPM 2018 di berbagai Media. Sebelum itu pihaknya sudah Perkirakan Pengunjung yang akan hadir baik itu Internasional maupun Nasional.

Selain itu di katakan pihak juga sudah berkolaborasi dengan Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Mentawai, guna memberikan informasi kepada Pengunjung.

Desa Muntei sebagai salah satu tempat Wisata seperti Madobag, Muntei, Mapaddegat, dan Katiet (M3K) di canangkan , melalui Konsep Bidang Destinasi serta kajian tentang pengelolaan wisata budaya. Madobag dan Muntei mempunyai satu kesatuan sebab, Muntei dan Madobag Wisata Budaya, dari Muntei pengunjung biasanya langsung kehulu (Madobag) sedangkan Mapaddegat sebagi Kapital (Tempat Destinasi) dan Katiet sebagai Wisata Surfing tersebut. Adapun kajian itu seperti Infrastruktur dan Masyarakat, dan Pariwisata berbasis Masyarakat.

"Pariwisata berbasis masyarakat, ada masyarakat membuka penginapan, Kerajinan, Kuliner, dan Antraksi. Jika itu semua di lakukan, masyarakat sendiri yang akan memperoleh dampak itu. Dampak terjadi Pendistribusian dan Pendapatan dari sektor Pariwisata. Tentunya kita akan melakukan Pembinaan kepada Pelaku usaha yang memenuhi standar kebersihan dan keramahtamaannya. Dan nampak Rohnya itu Mentawai, kelihatan Asrinya." Ungkapnya

Selanjutnya di terangkan Budaya sebagai daya tarik agar memperhatiakan Pelayanan dan kenyamanan pelaku usaha. Aban juga mengatakan ia tidak mau di katakan bahwa Mentawai Primitif tetapi Mentawai Tradisional.

"Saya tidak mau di katakan Mentawai Primitif, namun saya ingin di katakan Mentawai Tradisional. Karena kata Konsep Primitif itu tidak pantas lagi di era Zaman sekarang. Seperti jika orang kota di bilang primitif, berarti orang yang tidak beradab." Tegasnya.

Lebih lanjut di sebutkan Pariwisata ada Sapta Pesona yang perlu di amalkan seperti Keramahan, kebersihan, keindahan, sejuk dan kenangan. Dan untuk memberikan Daya tarik kepada pengunjung itulah budaya Mentawai. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre