Breaking News

Bawaslu Mentawai Tertibkan APK PKB

Bendera partai memakai simbol negara
Mentawai (Sumbar),FN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai beserta Jajaran di 10 Kecamatan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Sipora utara. Penertipan berupa APK yang di lakukan PKB di nilai melanggar aturan sebagaimana di larang bagi Parpol tidak menggunakan Simbol Negara atau bendera untuk Reklame, Iklan Komersial, Mencetak huruf, angka, dan gambar.

Hal itu di ungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten kepulauan Mentawai Ferius Sabaggalet kepada figurnews.com melalui telepon seluler, kemaren (8/11/2018). Menurutnya, Partai Politik tidak boleh menggunakan Simbol atau Bendera Negara Republik Indonesia sebagai latar untuk APK. Maka ia segera memerintahkan kepada Panwaslu kecamatan untuk menertibkan hal tersebut.

"Terkait pemasangan bendera partai oleh parpol PKB yg berlatar simbol negara/bendera merah putih itu tidak boleh kerena partai politik tdk boleh menggunakan simbol negara utk reklame atau iklan komersial, mencetak huruf, angka, gambar atau tanda lain tidak diperbolehkan, pihak bawaslu sudah melakukan pencegahan terhadap pemasangan bendera parpol yg berlatar bendera merah putih," terangnya.

Sementara Ketua Panwaslu kecamatan Sipora utara Arwizul mengatakan, setelah mengetahui hal tersebut, ia segera menemui Ketua Partai PKB Syahrul di kediamannya untuk menindak lanjuti kesalahan APK yang hampir satu bulan terpampang di jalan itu. Seterusnya di katakan Perintah pencabutan APK itu di Indahkan oleh Ketua PKB dan waktu itu juga pihak PKB melakukan Pembongkaran APK.

"Setelah kami dapat Informasi pada waktu itu juga saya menemui Ketua PKB dirumahnya, kami berkoordinasi dengan Pak Syarul. Dia merespon baik hal itu, dan segera memberitahu anggotanya untuk mencabut semua APK yang telah terpasang," paparnya.

Terpisah, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syahrul mengatakan, Dia tidak mengetahui bahwa APK tersebut di larang. Sebab di katakan Syahrul hanya menjalankan apa yang di Instruksikan Pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PKB atau seterusnya. Namun karena ini sudah di larang Bawaslu Mentawai maupun Bawaslu pusat pihaknya Respon dengan baik.

"Saya tidak tahu ini bakal di larang karena ini kiriman dari DPD PKB pusat, kita hanya mengikuti Instruksi dari Pusat. Kalau ini di larang kita akan respon dengan baik," ungkapnya. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre