Breaking News

Anggota Koramil 02/SL Laksanakan Komsos dan Goro Bersama Masyarakat

Sungai Limau(Sumbar),FN - Kodim 0308/Pariaman, anggota Koramil 02/Sungai Limau melaksanakan Komsos dan Goro bersama masyarakat bertempat di Kantor Wali Nagari Kuranji Hilir Kec. Sungai Limau, Sabtu (03/11/2018).

Kegiatan Komsos tersebut juga di hadir Bapak Zanar Byen selaku Pejabat Wali Nagari Kuranji Hilir. Dalam bincangnya Babinsa Koramil 02/Sgi. Limau Peltu Jasril menyampaikan pentingnya meningkatkan rasa kekeluargaan antar warga Nagari Kuranji Hilir. 

Juga meningkatkan keamanan lingkungan dengan cara mewaspadai orang-orang yang tidak dikenal (orang asing) yg keluar/masuk lingkungan juga mewaspadai kemungkinan penyebaran aliran yang menyimpang (sesat). 

Kegiatan ini sangat di senangi oleh Babinsa selain menjalin silahturahmi bersama masyarakat juga menghidupkan kembali Gotong royong bagi masyarakat yang sudah menurun. Dimana kegiatan gotong royong adalah merupakan bentuk pembinaan teritorial dan kegiatan yang mulia untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Disamping itu Bapak Wali Nagari juga mengucapkan terimakasihnya kepada Bapak Babinsa yang telah bersedia meluangkan waktu dan memberikan bantuan tenaganya dalam membantu warga saya yang melaksanakan gotong royong pembersihan jalan,” kata salah satu masyarakat yang ikut melaksanakan Goro.

Kegiatan karya bakti di samping untuk lebih mendekatkan TNI dengan Rakyat dalam rangka pembinaan kewilayahan juga sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menciptakan ruang juang di wilayah demi menjaga kedaulatan NKRI.

Danramil 02/Sgi. Limau Kapten Czi Arman menambahkan "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!" Kalimat tersebut sempat populer di kalangan masyarakat Indonesia pada tahun 90-an, namun dengungannya kini mulai jarang sekali terdengar. 

Kalimat tersebut singkat, namun maknanya dapat tergambar dengan sangat jelas. Persatuan adalah landasan semangat yang sejak dulu digunakan oleh para pejuang untuk membangun bangsa, Budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat persatuan masyarakat Indonesia.

Jika kita berbicara masa lalu, sangat mudah sekali menemukan budaya gotong royong dalam berbagai bentuk. Mulai dari kerja bakti yang seringkali dilakukan warga masyarakat setiap satu minggu sekali hingga budaya gotong royong antar umat beragama. 

Budaya gotong royong adalah identitas nasional. Karenanya, budaya gotong royong seharusnya terus dijaga supaya terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sabtu (03/11/2018).

“Berangkat dari hal tersebutlah saya sering untuk mengajak Warga Masyarakat disini (Kec. Sungai Limau) untuk gotong royong melakukan pembersihan Kantor Wali Nagari dan perbaikan Jalan antar Nagari tempat Lalu lintasnya masyarakat,” paparnya.

Menurutnya Gotong berarti pikul atau angkat, sedangkan royong berarti bersama-sama. Sehingga jika diartikan secara harafiah gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. 

“Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kesejahteraan,” jelasnya Sedangkan," lanjutnya lagi, 

Budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, entah yang terjadi atas inisiatif warga atau gotong royong yang dipaksakan. Dalam pelaksanaaan gotong royong perbaikan jalan di Nagari Kuranji Hilir. 

Kali ini Babinsa ingin mengajak warganya agar selalu semangat bekerja yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu.

"Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera,"ungkapnya.

Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat Binaannya agar tetap bersatu dalam segala hal demi kepentingan bersama. Editor : Fella

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre