Breaking News

9 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Kemenkes di Terima Pemkab Mentawai

Foto: Pemkab Mentawai, BBPK Ciloto, dan 9 Nakes Kemenkes di Aula Sekretriat Kab. Kep. Mentawai. [E.Virmando-figurnews.com]

Mentawai (Sumbar), FN — Sebanyak 9 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) Nusantara Sehat (NS) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia di terima  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan Mentawai di Aula Sekretariat Daerah kabupaten kepulauan Mentawai. Jumat (30 /11/2018).

Sembilan orang tersebut diantaranya 4 dari Kesehatan Lingkungan (Kesling), 2 dari Gizi dan 3 Orang Analisis Kesehatan, selanjutnya akan di bagi pada sejumlah Puskesmas di Kepulauan Mentawai.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake saat serah terima Nakes tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Kemenkes yang telah menempatkan tenaga Nusantara Sehat (NS) di Daerah yang dijuluki bumi sikerei itu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan para Nakes tersebut akan disebar di  7 Puskesmas diantaranya di Puskesmas Sikakap, Kecamatan Sikakap dua orang, Puskesmas Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan dua orang.

Seterusnya masing-masing satu orang di Puskesmas Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, Mapadegat, Kecamatan Sipora Utara, Betaet, Kecamatan Siberut Barat, Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara dan Saibi, Kecamatan Siberut Tengah.

Ia menyebutkan saat ini dengan bertambahnya sembilan orang Nakes tersebut, maka jumlah Nakes dari Nusantara Sehat itu menjadi 34 orang, dimana awalnya Pemkab Mentawai pada Tahun 2017 lalu, telah menerima 21 tenanga Nusantara Sehat berupa jalur Tim, berikutnya 2018 bertambah lagi 1 orang dengan jalur mandiri, kemudian menyusul 3 Orang dan Sekarang masih jalur mandiri 9 orang.

"Dengan adanya program Kementerian ini kita bisa terbantu, disamping kita kekurangan tenaga kesehatan, pemerintah juga memiliki anggaran terbatas untuk mengangkat tenaga kontrak Pemda, ini juga merupakan semangat NKRI untuk menyehatkan Nusantara, kita berharap para Nakes ini bisa bekolaborasi dengan petugas yang ada di setiap Puskesmas, dimana kita punya program 7 pesan Sikerei, " pungkasnya.

Terpisah, Rafli pendamping 9 Nakes dari Staf Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa barat menyebutkan  ada 2 Sub program yaitu Penugasan Khusus Nakes  berbasis tim atau  Nusantara Sehat Team Based dan Penugasan Khusus Nakes Individual. 9 Nakes itu di katakan termasuk pada tenaga kesehatan Team Based.

"  Perbedaan penempatan formasi Nakes Individual dan Team Based ialah Team Based, mereka belum tahu penempatannya sedangkan Individual mereka pilih sendiri yang telah disediakan pemerintah.  " paparnya. (EV)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre