Breaking News

Danramil 05/LA : Beberapa Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia.

Padang Pariaman,FN - Inilah beberapa manfaat sawah bagi kehidupan Petani dan Manusia adalah merupakan salah satu jenis lahan pertanian yang berfungsi untuk menanam padi.

Sawah yang baik akan menghasilkan hasil panen yang baik. Akan tetapi yang paling penting adalah bibit dan perawatannya.

Sebenarnya menanam padi tidak hanya dilakukan disawah saja, tetapi dapat juga dilakukan di darat. Namun bagi petani yang umumnya berada pada lingkungan pedesaan atau nagari maka menanam padi sawah menjadi pilihan yang tepat dalam bercocok tanam padi.

"Pok tani Nasir korong Kabun baru Nagari Balah Hilir Kec Lubuk Alung bersama Babinsa serda Joni Iswandi, sebagai motifator petani, penggunaan manfaat sawah ini sangat penting sekali bagi kehidupan para petani dan juga bagi manusia lainnya," kata Danramil 05/LA .

"Manfaat sawah ini sangat penting? Karena dengan adanya sawah ini petani bisa menanam padi untuk kepentingan pribadi dan banyak orang. Bayangkan saja jika tidak ada petani yang menanam padi, beras tentu tidak dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum. Masyarakat perkotaan juga membutuhkan beras untuk bahan pokok pangan,"paparnya.

Selain bermanfaat untuk menanam padi, ternyata manfaat sawah ini juga berguna untuk hal lainnya, seperti ;
Menghasilkan bahan pangan - Manfaat sawah yang pertama yaitu dapat menghasilkan bahan pangan yaitu beras. Beras adalah bahan pangan pokok yang umum digunakan oleh masyarakat seluruh indonesia bahkan mancanegara. Dengan adanya sawah ini maka para petani dapat membudidayakan padi yang menghasilkan beras sebagai bahan pokok pangan.
Dapat menjadi lahan kerja dalam bidang pertanian,

Manfaat sawah yang kedua yaitu; menghasilkan tenaga kerja bagi masyarakat. Karena dengan adanya sawah dan petani yang menanam padi, maka lapangan kerja jadi bertambah, sebagai contohnya yaitu misalkan seorang petani akan menggarap sawah, maka dia membutuhkan orang untuk membantu mengerjakannya dengan memberikan upah. Ini merupakan salah satu contoh manfaat adanya sawah tersebut.

Mempertahankan budaya tradisional dan kerakyatan bangsa,  Sawah merupakan lahan tempat para petani bercocok tanam dari sejak dulu hingga sekarang dan sudah membudaya. Jadi masyarakat nagari yang mempergunakan sawah berarti mereka sudah mempertahankan budaya tradisional.

Sebagai tempat untuk menumbuhkan sifat gotong royong antar warga - Sudah jelas bahwa dengan adanya sawah ini dapat menumbuhkan sifat gotong royong antar warga.

Saling membantu dalam proses pengolahan sawah secara bergantian.
Sebagai sumber pendapatan masyarakat - Sumber pendapatan para petani padi adalah berasal dari sawah ini.

Jadi tanpa adanya sawah ini maka pendapatan mereka jadi susah untuk didapatkan.

Peran babinsa mengajak para petani untuk percepatan tanam agar sandang pangan dapat ditingkatkan.

Air berguna sebagai sirkulasi air, khususnya pada musim kemarau.  Dengan adanya sawah ini maka sirkulasi air dapat juga terkendali. Parit-parit akan hidup dan air akan terus mengalir selama ada petani yang menanam padi sawah.

Untuk meminimalisir terjadinya banjir salah satunya dengan adanya sawah ini juga dapat mengurangi potensi banjir. Dan
itulah beberapa manfaat sawah bagi kehidupan petani dan manusia yang betul jadi perhatian.

By Danramil 05/LA, Kapten inf HASBEN RIZAL Selasa, 30 Oktober 2018 MANFAAT PERTANIAN.
Editor : Fella

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre