Breaking News

Tim Saber Pungli Polda Sumbar OTT Pengurusan Sertifikat

                Seber  Pungli Polda Sumbar  OTT Pengurusan Sartifikat
Padang(Sumbar),FN - Dalam mencegah tindakan praktek Pungutan liar (Pungli),  selama tahun 2018  Satgas Saber Pungli Provinsi Sumatera Barat  telah melakukan Operasi Tangkap Tangan(OTT) sebayak 20 kali  di berbagai daerah kabupatean kota di Sumateara Barat. Dan pada hari Kamis tanggal 13 September  Satgas  Saber Pungli Polda Sumbar  juga telah  melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku yang berinisial  Sukarmanto  umur 48 tahun, agama islam,pekerjaan petani  alamat Jorong Sidomulyo kenagarian Desa baru kecamatan Ranah Batahan kabupaten Pasaman Barat.

Dalam hal ini tersangka dengan modus, melakukan  pengurusan dan pengambilan sertifikat program pendaftaran  tanah sisitimatis  lengkap (PTSL) tahap II tahun 2017 yang sartifikat motif pungutan liar yang dilakukan S, dengan meminta uang sebayak Rp800.000, per Sertifikat  kepada kesetiap orang dalam pengambilan satu sartifikat.

Kegunaan uang tersebut untuk biaya pengurusan tanah mulai dari pendataan pengukuran sampai pengeluaran srtifikat.barang bukti yang diamankan dari tersangka uang sebesar Rp 29.950.000 ,Sartifikat sebanyak 380 sartifikat hak milik. 1 buku cacatan yang sudah di terima dari kantor pertanahan  Kab. Pasaman Barat. satu catatan uang masuk uang keluar .1 buku catatan  nama masyarakat yang sudah membayar,1 unit HP merk sansung Seri J5. 

Kepada pelaku di kenakan psala  12 huruf e undang  undang  nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana Korupsi. Hukuman yang di kenakan  penjara paling sediit 4 tahun atau denda  paling sedikit  Rp200.000.000 atau Rp 1.000.000.000  (wt)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre