Breaking News

Percobaan Michael Cohen: Trump mantan pengacara 'senang' membantu penyelidikan Rusia


From left: Michael Cohen, Donald Trump, Stormy Daniels and Karen McDougal (composite image)
Cohen mengaku bersalah pada hari Selasa untuk melanggar undang-undang keuangan selama pemilihan presiden 2016 dengan menangani uang rahasia untuk dugaan kekasih Trump.

Tawar pembelaannya tidak mewajibkan dia untuk bersaksi atas tuduhan Rusia.

Tapi pengacara pribadi Cohen mengatakan kliennya siap untuk "menceritakan segalanya tentang Donald Trump yang dia tahu".

Menurut pengacara, Lanny Davis, Cohen memiliki pengetahuan apakah Donald Trump tahu sebelumnya tentang peretasan komputer yang merongrong lawannya, Hillary Clinton.

Cohen juga memiliki pengetahuan, kata Davis, tentang pertemuan di Trump Tower di New York pada Juni 2016 antara pembantu kampanye Trump dan delegasi Rusia yang menjanjikan "kotoran" politik.

Pengacara itu juga bertanya mengapa presiden AS, yang tidak disebutkan dalam dakwaan bersalah oleh Cohen, tidak boleh dituntut atas kejahatan yang telah diakui Cohen untuk melakukan atas namanya.

Permohonan bersalah Cohen datang pada hari yang sama ketika seorang juri menghukum mantan ketua kampanye Trump Paul Manafort dari tuduhan penipuan bank dan pajak.

Pada rapat umum pada hari Selasa, Mr Trump menyerang saran bahwa kampanyenya telah berkolusi dengan Rusia, mengatakan kepada para pendengarnya di West Virginia: "Di mana kolusi? Mereka masih mencari kolusi, di mana kolusi? Cari beberapa kolusi. Kami ingin untuk menemukan kolusi. "

Akankah Cohen berbicara dengan Mueller?

Tidak ada konfirmasi bahwa dia akan berbicara dengan penyelidikan Rusia yang, di bawah mantan direktur FBI Robert Mueller, yang ditugasi untuk menetapkan apakah kampanye Trump berkonspirasi dengan Rusia untuk mengayunkan pemilihan mendukung Trump.

Pertemuan yang didokumentasikan dengan baik di Trump Tower antara putra Mr Trump, Donald Trump Jr, dan seorang pengacara Rusia adalah fokus dari penyelidikan Mueller.

Mr Trump Jr pergi ke pertemuan dengan keyakinan bahwa dia akan ditawari "dokumen resmi dan informasi yang akan memberatkan" Nyonya Clinton.

Kemudian musim panas itu, email dan dokumen memalukan yang diretas dari server Komite Nasional Demokrat (DNC) dipublikasikan, melalui Wikileaks dan saluran serupa.

Donald Trump Sr membantah mengetahui sebelumnya tentang pertemuan itu, yang ia pertahankan sebagai "pertemuan untuk mendapatkan informasi tentang lawan, sepenuhnya legal dan dilakukan sepanjang waktu dalam politik".

Ini bertentangan dengan apa yang dikatakan Cohen bulan lalu, menurut media AS. Cohen dilaporkan bersedia menyatakan kepada penyelidikan Rusia bahwa Trump tahu tentang pertemuan itu sebelumnya.

Para perwira intelijen Rusia sejak itu didakwa in absentia oleh otoritas AS dengan meretas DNC menggunakan perangkat lunak berbahaya.

Diwawancarai oleh MSNBC pada Selasa malam, Davis mengatakan dia tidak tahu apakah Cohen telah didekati oleh penyelidikan Mueller tetapi bahwa kliennya telah "dibebaskan" dengan mengakui kesalahan.

"Mulai saat ini, Anda akan melihat Michael Cohen yang dibebaskan berbicara tentang kebenaran," katanya.

Bintang porno Stormy Daniels mengatakan dia telah dibayar $ 130.000 (£ 101.000) oleh Cohen hanya beberapa hari sebelum pemilihan 2016 untuk tetap diam tentang sebuah urusan yang dia katakan satu dekade sebelumnya dengan Mr Trump.

Cohen juga merekam percakapan dengan Mr Trump dua bulan sebelum pemilihan di mana mereka mendiskusikan membeli hak untuk cerita ciuman-dan-kirim oleh mantan model Playboy Karen McDougal yang mengatakan dia berselingkuh dengan Mr Trump.

McDougal meminta maaf atas 'urusan Trump'

Michael Cohen: banteng pit Trump

Pembayaran yang dirahasiakan untuk mengubur cerita memalukan tentang seorang kandidat politik dapat diperlakukan sebagai pelanggaran hukum keuangan kampanye AS.

Dengan jelas mengacu pada Mr Trump, Cohen mengatakan kepada pengadilan di New York bahwa dia telah diarahkan oleh "seorang kandidat untuk kantor federal" untuk melanggar undang-undang pemilihan federal.

Dia juga mengakui pajak dan penipuan bank dalam kesepakatan pembelaannya dengan jaksa, yang mungkin melihat hukuman penjaranya berkurang dari 65 tahun menjadi lima tahun dan tiga bulan.

Bisakah Trump diadili?

Mr Trump telah mengakui penggantian Cohen untuk membayar salah satu wanita, setelah sebelumnya menyangkal pengetahuan tentang hal itu.

Namun Rudy Giuliani, seorang pengacara untuk Mr Trump, mengatakan kepada wartawan bahwa ada "tidak ada tuduhan kesalahan apapun terhadap presiden" dalam dakwaan terhadap Cohen.

Bagaimanapun, Trump tidak mungkin menghadapi tuntutan kriminal selama dia masih presiden, kata ahli hukum.

Apa yang bisa dibayangkan adalah bahwa dia dapat dipecat oleh Kongres di bawah ketentuan konstitusi AS untuk menjatuhkan seorang presiden atas "kejahatan tinggi dan kejahatan ringan".

Untuk itu terjadi, lawan-lawan Trump di Partai Demokrat harus memenangkan kendali kedua rumah.

Seberapa mudahnya untuk mendakwa presiden?

Bahkan jika mereka berhasil baik dalam pemilihan jangka menengah pada bulan November, mereka hampir pasti perlu membujuk anggota Partai Republik Trump untuk mengubah sisi-sisi atas masalah ini.

Tidak ada presiden AS yang pernah dikeluarkan dari jabatannya atas dasar impeachment.

#. By. BBC



No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre