Breaking News

Dua Perpustakaan di Sawahlunto, Dinilai Tim Akreditasi Pusat


SAWAHLUNTO(Sumbar),FN – Meski terkesan kurang mendapat perhatian dari Pemerintah kota setempat dalam beberapa tahun belakangan ini, namun prestasi yang ditunjukkan oleh bidang perpustakaan dibawah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Sawahlunto, sangat membanggakan.
Pasalnya, upayanya dalam melakukan pembinaan penyelenggaraan perpustakaan yang telah rutin dilakukan khususnya di sekolah-sekolah selama ini, telah membuahkan hasil dengan dilakukannya penilaian pada 2 Perpustakaan, yakni Perpustakaan SD Negeri 13 Sungai Durian dan Perpustakaan SMP Negeri 1 Sawahlunto, oleh tim penilai akreditasi Perpustakaan dari pusat, Kamis (29/8).

Menurut Kabid Perpustakaan, Subandi, SH, sebelum adanya penilaian akreditasi ini pihaknya telah mengirimkan data dari kedua perpustakaan tersebut, kepada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

“Dan hari tim dari pusat didampingi staf perpustakaan Sumatera Barat telah hadir di kota kita untuk melakukan penilaian. Namun demikian, kita tidak ingin ada penyambutan yang berlebihan, dan biarkan tim penilai itu melakukan tugasnya tanpa ada yang kita tutup-tutupi,” sebutnya.

Dari penilaian yang dilakukan, lanjut Subandi, Alhamdulillah kedua perpustakaan itu dinyatakan memenuhi standar, yang artinya sudah teraktreditasi.

“Kita memang belum bisa mengetahui nilai akreditasinya, A, B ataupun C, akan tetapi dari hasil sinkronisasi data tersebut 2 perpustakaan ini dinyatakan telah memenuhi standar. Selanjutnya kita akan menunggu hasil dari tim penilai setelah mereka bawa ke Jakarta,” imbuhnya, didampingi Indra selaku Pustakawan Adinegoro dan Renny, Kasie Pengembangan.

Hal senada juga dikatakan tim penilai dari Pusat, Sri Palupi dan Indah Wuryani yang juga didampingi tim Pustaka Provinsi Sumbar, Deri Hastuti dan Hendri.

“Nanti hasilnya akan kita beritahukan setelah saya serahkan dulu kepada Perpustakaan Nasional di Jakarta, untuk dilakukan pengecekan lagi,” ujarnya, usai melakukan penilaian di SMP Negeri 1 Sawahlunto.

Sementara itu, Deri Hastuti menambahkan bahwa kedua perpustakaan itu sudah bagus dan memenuhi standar. Hanya saja untuk hasil penilaian dari tim ini, masih harus menunggu.

“Perpustakaan SDN 13 dan SMPN 1 Sawahlunto ini telah mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional, dan ini sangat membanggakan. Saya berharap hal ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Sawahlunto khususnya, dan di Sumatera Barat pada umumnya,” ungkap wanita berparas cantik yang tampak tampil modies ini.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sawahlunto, Luthfy Syamsu, S.Pd. M.Pd. T mengatakan bahwa dengan adanya penilaian dari pusat ini, ia tidak bertujuan untuk menjadi yang terbaik, akan tetapi hendaknya dapat menjadi penyemangat untuk dapat lebih maju serta literasinya akan berjalan lebih baik. (ap)

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre