Breaking News

Prajurit 133/Ys Memamerkan Alutsista Serta Memperagakan Beladiri Khas TNI Yoong Modo Pada Siswa dan Siswi

Padang(Sumbar),FN - Sebanyak 396 siswa siswi SMP  dari 34 provinsi se Indonesia akan bertarung di Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVII 2018. Dalam hal ini mereka berkesempatan berkunjungan ke Bataliyon 133/Ys wilayah terotorial Korem 032/Wrb untuk menyaksikan  Alat utama sistim pertahanan (Alutsita)  dalam bentuk Wisata Edukasi  Bela Negara, Kamis pagi (5/7/2018) di Markas Yonif 133/Ys.

Dalam pameran Alutsista, ditampilkan bebagai jenis unit peralatan tempur maupun non tempur buatan berbagai negara, karya anak negeri seperti PT Pindad, termasuk hasil modifikasi dan rekayasa pengembangan TNI AD yang dimiliki oleh Satuan Tempur Yonif 133/Yudha Sakti.


Kunjungan para siswa SMP ke Bataliyon Infantri (Yonif) 133/ YS Air Tawar Padang, bertujuan memperkenalkan berbagai alsusta atau persenjataan milik pasukan alteri Yonif/133. Senjata yang diperkenalkan berupa senjata ringan seperti, pistol, senapan laras panjang, senjata serbu dan persenjataan lainnya.

Kolonel Kav Meyer Putong, SH., yang menjabat sebagai Paban II/Puanter dari Mabes AD mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan bela Negara dan Pancasila kepada siswa-siswi yang mengikuti OSN XVII 2018. Yang mana, 15 tahun akan datang merekalah yang akan menggantikan kita.

“Pendidikan bela negara harus ditanamkan secara dini kepada para siswa siswi bertujuan untuk memupuk kecintaan terhadap Negara, selain itu pameran Alutsita ini dapat juga menumbuh kembangkan kecintaan siswa siswi terhadap TNI untuk menjadikan militer sebagai salah satu cita-cita yang diimpikan oleh para siswa dan siswi,” terang Paban II/Puanter  Aster Mabesad.


Sementara itu Retno Juni dari Direktorat Pembinaan SMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang juga turut hadir dalam kegiatan wisata edukasi bela negara di Yonif 133/Ys, mengatakan bahwa kegiatan ini mengajak para siswa yang mengikuti OSN XVII 2018 untuk melihat alutsita yang dipakai sebagai alat pengamanan terhadap negara Indonesia.

Retno juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan TNI khususnya TNI AD. Kegiatan tersebut bertujuan wisata Edukasi Bela Negara termasuk tentang persenjataan yang dimiliki oleh TNI AD.

 “Kegiatan yang berkerja sama dengan TNI AD ini adalah kegiatan yang ke-2 kali diadakaan yang melibatkan 396 siswa siswa yang terbaik di dunia sains dari 34 provinsi di Indonesia, yang bertujuan untuk mengenal pertahanan dan keamanan negara Indonesia, sehingga para siswa ini tidak hanya mengenal sains semata,”katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 032/Wbr Kolonel Inf M. Asep Apandi S.IP, M.Si selaku pelaksana Wisata Edukasi Bela Negara di Yonif 133/YS saat ditemui media menjelaskan bahwa sangat berbangga dengan kedatangan dari para siswa siswi dari 34 provinsi yang mengikuti OSN XVII 2018 di Kota Padang.

“Dan ini merupakan suatu kebanggakan tersendiri bagi kami Korem 032/Wirabraja dijadikan tempat dalam memberikan pendidikan Bela Negara serta pendidikan Pancasila terhadap siswa-siswi yang mengikuti OSN XVII 2018 di Kota Padang. Selain memberikan pendidikan, kami juga mengadakan pameran alutsita yang bertujuan memupuk kecintaan siswa-siswi untuk bangga terhadap TNI dan kelak bisa menggantungkan cita-citanya sebagai anggota TNI. Lima belas tahun kedepan mereka lah yang kan menggantikan kita, sedangkan kita akan mundur” ujarnya.

"Inilah kesempatan kita memberi mereka bekal yang baik, Kita memberikan materi endukasi tentang Bela Negara dan Pancasila membuat mereka mencintai negara ini. Setelah sepuluh tahun atau lima belas tahun kedepan negara ini milik merekalah, dan merekalah yang akan menggantikan kita, sedangkan kita akan mundur,"tandasnya.

 Sekitar 1.433 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional ( OSN) 2018 di Padang, Sumatra Barat. OSN tahun 2018 ini, diharapkan menjadi sarana bagi siswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang sains. Disamping itu, mereka juga harus bisa membangun karakter-karakter positif selama dalam mengikuti OSN. Dengan OSN ini, diharapkan tidak hanya bisa melahirkan generasi bangsa yang pintar dalam bidang sains, melainkan juga memiliki karakter integritas dan menghargai keberagaman yang ada di NKRI ini.(Fella)



No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre