Breaking News

Pulang Sebelum Jadwal, Kelebihan Dana Masuk Saku Atau Dikembalikan?

Payakumbuh(Sumbar),FN - Topik mengenai kepulangan beberapa anggota DPRD sebelum Jadwal, sempat jadi ramai dikalangan awak Media. Isu tersebut bahkan sudah menjadi konsumsi publik dan sempat Viral di group WA para wartawan. 

Merebaknya isu tersebut berawal dari salah satu awak media yang ikut dirombongan tersebut sudah muncul di dekat teman lainnya. Begitu juga dengan salah satu anggota DPRD yang diduga sudah bersepeda-sepeda pada pagi hari itu.

Berdasarkan informasi dari narasumber yang bisa dipercaya dengan menemui langsung Media ini mengatakan,”Itu ada teman yang ikut Kunker ke Pekan Baru dengan jadwal 5 hari pulang pergi, namun pada hari ini mereka sudah muncul disini, katanya dengan sedikit keluhan. Padahal katanya lagi, Jadwalnya pulangnya pada hari jum’at besok. Kalau Dia sudah muncul pada hari kamis, berarti dia pulang pada Rabu malam, katanya lagi. Ini tak bisa dibiarkan dan harus diungkap sampai tuntas katanya menambahkan.

Marnizul, saat dikonfirmasikan melalui handphone (7/6) mengatakan, 

"Kami anggota DPRD yang berangkat kunker (kunjungan kerja) ke Pekan Baru sebanyak 8 orang selama 6 hari,"jawabnya pada Figurnews.

Ketika dikonfirmasikan beberapa orang media yang ikut dalam rombongan sudah ada di    Payakumbuh,

“Itu tidak mungkin, sebab kemarin saya masih bertemu dengan mereka. Kemaren mereka ke Bangkinang dan kembali ke Pekan baru," jawab Marnizul dengan tegas. 

"Kami berpisah-pisah, ada yang kesini dan ada yang kesitu,"jawab Marnizul lagi. 

Afrizal, saat ditanyakan keberadaannya melalui handphone Jum’at (7/6) malam menjelaskan tentang persoslsn tersebut.

"Saya masih di Pekan Baru dan saya terakhir berpisah kemaren dengan awak media yang ikut dalam rombongan itu,"kata Afrizal pada Figurnews. 

"Tapi untuk lebih jelasnya coba tanyakan langsung pada ketua Komisi," jawabnya menambahkan. 

“Namun ada sedikit yang aneh waktu media ini melakukan wawancara melalui handphone dengan Afrizal, dalam suara telpon tersebut terdengar suara anak-anak berbicara dengan teman lainnya. Yang jadi pertanyaan apakah Afrizal juga sudah berada dirumah seperti teman-teman yang lainnya?

Masih pada malam itu, media ini mengkonfirmasikan (7/6) pada Sekwan (Sekretaris Dewan) melalui handphone mempertanyakan yang lagi Viral saat ini.

"Saya tidak memantau berapa anggota DPRD yang ikut rombongan Kunker itu, sebab masing masing ada pendampingnya. Kalaupun ada media yang ikut itu pun saya tidak tahu, sebab itu ditetapkan oleh Komisi,"kata Sekwan menjelaskan. 

Saat ditanyakan mengenai adanya dugaan beberapa orang tersebut sudah nampak di payakumbuh? 

"Kalau itu diluar pantauan saya,"jawabnya tegas.  Ditanyakan lagi pada Sekwan  mengenai bagaimana dengan Laporan Rombongan yang ikut Kunker.

"Kita lihat dulu hasil dari laporan para pendamping,"jawab Sekwan lagi.

Ketika dikonfirmasikan ke Kabag Protokoler Jum’at (8/6) pagi mengenai kedua awak media yang santer dibicarakan karena ikut rombongan.mengatakan,”

"Memang pada hari Kamis kedua orang media yang anda maksud memang sudah menanda tangani Liputan kegiatan Ramadhan. Dan yang menanda tangani itu adalah mereka sendiri," kata kabag menerangkan pada Media ini. 

Dikonfirmasikan lagi ke bagian Hummas DPRD Kota Payakumbuh Jum’at (8/6)mengenai keberangkatan anggota DPRD ke Pekan Baru mengatakan,”kalau itu kami lupa berapa orang yang berangkat ke Pekan Baru,"katanya pada Figurnews. 

Saat ditanyakan mengenai Informasi ada dugaan anggota DPRD yang sudah berada di rumah sebelum Jadwal kepulangan mengatakan, kami baru tau dari saudara.

"Tapi untuk lebih jelasnya nanti saya cari tahu,"katanya menambahkan.

Namun ketika Figurnews sudah berada diluar ruangan, buru-buru bagian Hummas itu mendatangi media ini untuk meminta nomor Handpone dan mengatakan, nanti Kalau saya dapat informasi akan saya kasih tau,"katanya menambahkan pada Figurnews.

Sawaludin Ayub, salah satu LSM juga tak mau tinggal diam dalam menyikapi isu Kunker yang santer ini menjelaskan, "Kalau memang ada indikasi kecurangan aparat hukum harus pro aktif dalam menyikapi persoalan ini, dan inikan ada indikasi kerugian negara. "Jadi uang ini harus dikembalikan,"katanya dengan semangat berapi-api. 

Memang menurut aturan tentang Kunjungan Kerja atau Study Banding, itu boleh - boleh saja, Namun kalau menyalah aturan itu ada sanksinya. Seperti yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Payakumbuh, diduga melakukan perjalan dinas selama hari, tapi cuman terpaki  tiga hari dan sisanya harus dikembalikan(red-uang saku dan fasilatas lainya). Dan pihak pemko khususnya Inspektorat harus melakukan audit tenggaran tersebut. (FN 053).

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre