Breaking News

Kapolda Sumbar, Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat SGL - 2018 Di Lapangan Imam Bonjol Padang

Padang(Sumbar),FN - Untuk menghadapi Hari Raya Idhul Fitri 1439 H, Polda Sumbar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat SGL - 2018 bertempat dilapangan Imam Bonjol, Rabu (6/6/2018) jam 08.30 Wib.

Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat SGL - 2018 degan tema "Kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul fitri 1439 H"  bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolda Sumatera Barat IRJEN POL. Drs. FAKHRIZAL, M.Hum

Acara apel gelar pasukan pengamanan tersebut dihadiri oleh, Wakapolda Sumbar  Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, Irwasda Kombes Pol Drs. Dody Marsidy, M.Hum, Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar, Jasaraharja Sumbar, Kasrem 032/Wbr, Pjs Wali kota Padang Drs Alwis, Danlanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Wadan Lantamal II Teluk Bayur Kol. L Lasmono, Dandim 0312 Padang Letkol Kav Eryzal Satria, SE, Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan, S.Ik, M.Si, Danden POM 1-4  Padang, Dan Yonif 133/YS serta Unsur Forkopimda  Sumatera Barat.

 Pasukan yang dipersiapkan terdiri dari 1 Ton Korsik,  1 Kompi  Perwira Polisi, 1 Ton Pom AD, AU, AL dan Provost Polri, 1 Ton Yonif 133/YS, 1 Ton Lantamal II Teluk Bayur, 1 Ton TNI AU, 1 Kompi  Brimobda Sumbar, 1 Kompi Dalmas Polresta Padang, 1 Kompi Pol Airud, 1  Kompi, Babinkantibmas Polresta Padang, 1 Ton Lantas Polresta Padang, 1 Ton Pol PP kota Padang, 1 Ton Polisi Pariwisata Padang, 1 Kompi Sat Intel Kam Polresta Padang, 1 Ton Satpol PP Kota Padang Damkar kota Padang, 1 Ton BPBD kota Padang, 1 Ton Dishub kota Padang, 1 Ton Dinas Kesehatan Kota Padang, 1 Ton Pramuka dan 1 Ton Kodim 0312/Padang dengan sepeda motor

Dalam acara apel tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan kata sambutan Kapolri Jendral Tito Karnavian.

"Operasi tahun ini ada 4 yang utama diantaranya harga bahan pangan, Operasi keselamatan jalan raya ada 4 lokasi rawan macet optimalkan pos keamanan  Gangguan Kamtibmas, ranmor, begal, perampokan. Dan ini potensi kerawanan terorisme tingkatkan kewaspadaan intelijen dan untuk mengatasi  tingkatkan kerjasama  antara TNI Polri. 

“Pada tahun ini, potensi permasalahan masih berkisar pada masalah distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel / mafia pangan, maupun perilaku negatif pelaku usaha yang menaikkan harga di atas harga yang ditetapkan. Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama dan langkah proaktif dari stakeholders terkait guna mengatasi hal ini”, kata Kapolda Sumbar membacakan amanat Kapolri.

Potensi kerawanan kedua adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik. Sehubungan dengan hal tersebut, Kapolri memberikan penekanan kepada seluruh personel terutama pada titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan, agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat. Berbagai strategi bertindak yang telah ditetapkan agar diikuti dengan baik.

Potensi kerawanan ketiga yang juga harus diantisipasi adalah potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis.

“Untuk itu, para Kasatwil diharapkan dapat mengambil langkah pre-emtif maupun preventif yang diperlukan sehingga bisa menekan potensi yang ada. Saya juga berharap, agar seluruh Kasatwil dapat terus menerus berkoordinasi dengan pihak Basarnas, BMKG, dan pihak terkait lainnya, dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam”, ujarnya.

Potensi kerawanan keempat adalah, ancaman tindak pidana terorisme. Guna mengantisipasi potensi aksi terorisme, saya menekankan kepada seluruh Kasatwil untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi intelijen yang diimbangi dengan upaya penegakan hukum secara tegas (preemtif strike), melalui optimalisasi peran Satgas Anti Teror di seluruh Polda jajaran.
Di samping itu, pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, mako Polri, serta aspek keselamatan personel pengamanan harus menjadi perhatian. Perkuat pengamanan pada objek-objek tersebut dan laksanakan pendampingan personel pengamanan oleh personel bersenjata (buddy system).

“Khususnya dalam mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus menerus meningkatkan kerjasama dengan rekan – rekan TNI serta stakeholders terkait lainnya”, tambahnya. (Fella)


No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre