Breaking News

Jasma Juni Dt Gadang : Saya sangat kecewa dan prihatin terhadap kisruh yang terjadi di Pilwana Guguak.

Padang(Sumbar),FN -  Sekaitan kisruh Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Nagari Guguak yang dilaksanakan pada 4 April lalu, membuat Anggota DPRD Sumbar yang juga tokoh masyarakat Nagari Guguak Kecamatan 2 x 11 Kayutanam, Jasma Juni Dt Gadang merasa prihatin. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan persoalan itu pada Bupati Padang Pariaman guna dicarikan solusinya.

"Saya sangat kecewa dan prihatin terhadap kisruh yang terjadi di Pilwana Guguak. Pilwana telah selesai tapi masih menyisakan persoalan, dimana ditemukan adanya indikasi kecurangan sehingga menimbulkan konflik. Saya akan bertemu dengan bupati guna mencarikan solusi yang terbaik," kata Jasma Juni Dt Gadang diruangan kerjanya, Jumat (25/5/2018) di Padang.

Jasma Juni mengatakan, jika persoalan itu tidak diselesaikan, dirinya kuatir akan muncul konflik baru di tengah masyarakat. Saat ini, telah muncul kubu pro kepada walinagari terpilih dan kubu yang kontra. Kedua kubu ini sangat potensial bergesekkan jika tidak dicarikan solusi terbaiknya.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar itu, dirinya sudah banyak mendapat informasi mengenai kecurangan yang terjadi dalam Pilwana itu, diantaranya keberpihakan panitia pemilihan, Bamus Nagari, Wali korong hingga penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bermasalah.

"Banyak pengaduan kepada saya soal tidak netralnya panitia pemilihan, Bamus dan Wali korong. Sebagai tokoh masyarakat setempat saya akan berusaha mencarikan solusi terbaik. Kita tidak ingin nagari Guguak pecah hanya karena Pilwana ini. Untuk itu, saya berharap Pemkab Padang Pariaman dapat merespon persoalan ini," tegas Jasma Juni Dt.Gadang.

Jasma Juni menyebutkan kisruh Pilwana terjadi ketika salah seorang calon walinagari melakukan pengaduan terkait keberpihakan panitia pemilihan, Bamus, Wali Korong dan penyusunan DPT yang bermasalah. Hanya saja, sampai pertemuan terakhir, Kamis (24/5/2018) lalu tidak menemui kesepakatan. Pelantikan walinagari terpilih tetap dijadwalkan.

"Ada calon yang melaporkan pengaduan, namun tidak direspon. Hal inilah yang kita takutkan karena bisa memicu konflik. Saya meminta semuanya bisa menghadapi masalah dengan jernih. Persoalan ini harus dicarikan solusinya supaya tidak menimbulkan gejolak,"pungkasnya. (*)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre