Breaking News

Danrem 032/Wrb Hadiri Upacara Gabungan TNI, Polri dan Pemda Sumbar Sekaitan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019

Padang(Sumbar),FN – Sesuai instruksi Pangdam I/BB memerintah seluruh TNI, Polri dan Pemda untuk menggelar upacara Pengamanan Pilkda yang diadakan serentak seluruh Indonesia. Dalam hal ini Korem 032/Wbr, Lantamal II, Lanud St.Syahrir, Polda Sumbar dan Pemprov Sumbar mengadakan Upacara Gabungan TNI, Polri dan Pemda untuk meningkatkan sinergitas dan netralitas dalam Pilkada Wilayah Sumbar, Selasa (17/4/2018) dilapangan Imam Bonjol kota Padang.

Sekaitan dengan Pilkada serentak yang diadakan di empat (4) kota madya (Padang, Padang Panjang, Sawahlunto dan  Pariaman) di Provinsi Sumbar perlu adanya pengamanan yang ekstra. Hal ini untuk mencegah terjadi gesekan antara sesama pendukung diwilayah kegiatan Pilkada diempat kota tersebut.

Dalam acara ini, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan kondisi keamanan ditempat daerah yang mengadakan Pilkadacukup  kondusif serta tidak ada permasalahan. Dan ini berkat kerjasama aparat Polri, TNI dan Pemda serta masyarakat yang menyadari dari makna dari arti keamanan bersama.

Dalam pidatonya, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal juga menyampaikan, bahwa upacara bendera yang kita laksanakan ini janganlah dianggap sebagai kegiatan rutin. Namun harus dimaknai sebagai momentum melatih diri dalam tanggung jawab memupuk jiwa patriotic menanam kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme pada setiap anggota TNI, Polri dan Pemerintah Daerah. Hal ini juga penting untuk membangun karakter dan jati diri serta inspirasi dan peningkatan semangat pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan Negara yang kita cintai.

 Tantangan tugas kedepan semangkin berat, bermacam permasalahan yang ada diberbagai lapisan masyarakat. Yang kemudian mengalir dan muncul menjadi gangguan keamanan dalam bentuk karakteristik yang beragam pula hal ini menimbulkan konsekwensi bagi kita untuk terus kerjasama dan kemitraan yang senergis antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dengan masyarakat serta seluruh elemen masyarakat terkait, agar potensi gangguan keamanan yang ada dapat ditangani secara kompresif tuntas dan tidak berkembang secara luas.  

Terkait persiapan kita dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 dan agenda Nasional Pemilu 2019, perlu diingatkan tentang penahapan yang berlangsung dilalui.  Sehubungan hal tersebut dan dinamika politik mulai meningkat jelang Pilkada maupun Pemilu.

“Sampai saat ini, situasi sangat kondusif dan tidak ada permasalahan, semua berjalan dengan lancar. Dan hari ini kita mengadakan upacara TNI, Polri dan Pemda dalam rangka Senerginitas dan Netralitas TNI Polri dan Pemda,”ujar Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.

Sementara Danrem 032/Wrb Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P juga menerangkan sekaitan upacara Sinergiritas dan Netralitas TNI, Polri dan Pemda Sumbar.

“Dua bulan ini kita telah turunkan 800 personel Korem  BKO ke Polda dan masing-masing Polres, Alhamdulillah aman dan kondusif, kegiatan keamanan mengikuti proses Pilkada yang sedang berjalan dan dari Polda dan kami dari BKO berjalan dengan baik,”terang Danrem 032/Wrb Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P. pada awak media.

 Namun ketika disinggung masalah keterkaitan netralitas TNI dalam Pilkada tersebut.

“Netralitas wajib, kami barusan apel bersama dalam rangka upaya menjaga dan meningkat terus  Sinergiritas dan menjaga Netralitas TNI, Polri pada Pilkada serentak maupun Pilres 2019,”ujar Danrem lagi.

Sekaitan Pilkada serentak dan Pilpres, awak media juga menanyakan, jika seandainya ada prajurit TNI Polri yang ikut.

“Ada aturan yang mengatur sebagaimananya, Insya Allah tidak ada yang seperti itu,” pungkas Brigjen TNI Mirza Agus mengakhirinya.

Usai acara tersebut, Kapolda juga mengundang kekantor Polresta Padang untuk menikmati sarapan bersama petinggi TNI lainya. (Fella/Figurnews.com)

      

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre