Breaking News

Tiga Puskesmas Kab. Mentawai Jadi Percontohan di Indonesia

Kab. Mentawai(Sumbar), FN – Berbagai program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat diberbagai pelosok. Itu merupakan program yang harus tertata dan terutama bidang kesehatan masyarakat. Sekaitan hal itu, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat telah membangun tiga puskemas percontohan Keluarga Sehat (KS) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dan ketiga puskesmas tersebut adalah Puskesmas Mapadegat Kecamatan Sipora Utara, Puskesmas Sioban Kecamatan Sipora Selatan dan Puskesmas Sikakap Kecamatan Sikakap. Dalam Tahun 2018 ini, Dinkes menargetkan untuk mewujudkan keluarga sehat di Bumi Sikerei dengan adanya tiga puskesmas percontohan tersebut.

Dengan adanya Puskesmas percontohan tersebut merupakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Program tersebut dimulai dengan pendataan keluarga untuk melihat keluarga tidak sehat, pra sehat dan sehat.

“Dan ini merupakan intervensi dalam meningkatkan kesehatan di Bumi Sikerei. Intinya pendekatan lebih berbasis pada Keluarga Sehat (KS),” kata Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, beberapa waktu yang lalu.

“Program pendekatan kepada keluarga sehat,  sebenarnya sudah lama digulirkan di tengah masyarakat. Namun, polanya yang harus ditingkatkan. Kalau satu keluarga sehat, maka semuanya akan sehat dengan cara memberikan pemahaman,”tambahnya lagi.

Sementara itu, tim nusantara yang ditugaskan di daerah pelosok Mentawai sangat membantu pemerintah daerah di mana baru-baru ini Kemenkes merekrut satu tenaga kesehatan yang ditempatkan di daerah Malakopak, Kecamatan Pagai Selatan.Dan ini sangat membantu masyarakat didaerah terpencil yang perlu jadi perhatian kita semua.


Menurutnya, tentang program Kementerian Kesehatan dalam perekrutan tenaga kesehatan untuk daerah pelosok sangat terbantu. Apalagi Mentawai merupakan daerah tertinggal yang butuh bantuan tenaga. Tinggal pihak provinsi dan kabupaten/kota yang menjalankannya secara maksimal dalam upaya memberi pelayanan kesehatan. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre