Breaking News

Nagari Sarilamak Tetap Laksanakan Proyek, Walau Tahun Anggaran Telah Habis?

Sarilamak/Kab.50 Kota(Sumbar),FN -  Nagari Sarilamak saat ini memang jadi sorotan yang positif dari berbagai pihak, sebab disitu terdapat Pusat Perkantoran Pemeritahan Kabupaten Limapuluh Kota dan Kantor DPRD. Selain tempatnya yang strategis, Nagari Sarilamak termasuk salah satu Nagari penerima kucuran dana terbesar, baik dari APBN maupun APBD. Wilayahnya pun termasuk yang terluas dari nagari yang lain, karena nagari tersebut berbatasan langsung dengan Provinsi Riau.

Namun sangat disayangkan,  beberapa pengerjaan Proyek Fisik yang seharusnya selesai  akhir bulan Desember sampai sekarang masih tetap berjalan. Padahal Tahun Anggaran 2017 telah lewat dan seluruh administrasi sudah berakhir pada tanggal 29 Desember yang lalu.

Proyek pembuatan Balai Adat dan Poskesri misalnya, kalau dilihat dari bobot pekerjaan, sewaktu Figurnews.com (6/1/2018) mendatangi lokasi tersebut baru sekitar 70%. Undang-undang mana yang telah dipakai Wali Nagari Sarilamak agar bisa melaksanakan Proyek Fisik tanpa henti di tahun berikutnya? Padahal nagari tesebut belum mensahkan APB Nagari Sarilamak tersebut.

Olly Wijaya (Wali Nagari Sarilamak) saat dikonfirmasikan (8/1/2018) Siang, mengenai proyek yang masih berjalan itu.

Memang sampai saat Ini masih berjalan,kata Olly Wijaya  Walinagari Sarilamak pada Figurnews.com.

Namun ketika Figurnews menanyakan, “Menurut aturannya apa dibolehkan pekerjaan proyek Itu walau tahun Anggaran telah Habis.

Secara aturannya tidak boleh, tapi kalau Poskesri itu memang lanjutan, dan  ada tambahan Dana untuk Pembangunan dan Lanjutan ditahun baru,” tambahnya Lagi.

Saya sudah konsultasikan pada BK dan Konsultasikan DPMDN kemudian kita Silvakan dan kemudian kita lanjutkan lagi, dan tidak ada masalah kata mereka,”Sebut  Olly Wijaya lagi.

Dalam hal ini Figurnews.com juga mempertanyakan mengenai APBN Nagari sudah selesai  atau belum.

Belum, sekarang kami baru menyusun RAB,katanya lagi.

Dilain pihak Usman Sekretaris DPMDN (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari), saat dikonfirmasi (8/1/2018) Malam melalui Handphon mengatakan,”Boleh Nagari itu melakukan pekerjaan di awal tahun berikutnya, tapi nagari tersebut harus menyelesaikan laporan APB Nagari terlebih dahulu.

Seluruh kegiatan-kegietan yang ada di Tahun 2017 dan kalau ada kegiatan yang belum siap, itu dilanjutkan nanti ditahun 2018. Jadi sisa Anggaran tahun 2017 itu menjadi Silva untuk Tahun 2018 dan masukkan nanti di APBN Nagari nya.

Ketika Figurnews menanyakan mengenai APB Nagarinya belum selesai pada Usman.

Tadi  saya sudah mengatakan pada Wali Nagari bahwa APB Nagarinya harus segera diselesaikan. Kalau APB Nagari sudah di sahkan silahkanlah Nagari tersebut melanjutkan pekerjaan,”pungkas Usman Mengakhirinya. (FN 053)


No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre